Lingga pelajari prospek sawit ke Surya Dumai

id Sawit

Lingga pelajari prospek sawit ke Surya Dumai

Sejumlah peserta studi banding prospek sawit dari Lingga mengikuti diskusi di PT Surya Dumai, Kampar, Riau. (IST)

Lingga, (Antaranews Kepri) - Sejumlah tokoh masyarakat dan perwakilan desa dari Kabupaten Lingga melakukan kunjungan studi banding ke kawasan perkebunan kelapa sawit milik PT Surya Dumai di Kampar Provinsi Riau, Rabu (19/12). 

Studi banding selama empat hari ini adalah realisasi diskusi sosialisasi Analisasi Menggenai Dampak Lingkungan (AMDAL) antara konsultan AMDAL PT. Citra Sugi Aditya (CSA) dengan masyarakat Kabupaten Lingga, bulan 30 November 2018 lalu.

Manager Partnership PT. Surya Dumai, Didin Sating memaparkan, bisnis perkebunan dan pabrik kelapa sawit. Antara lain, tentang kemitraan kerjasama perkebunan kelapa sawit dengan perusahaan dan koperasi. Termasuk, lahan masyarakat yang dibangun oleh pihak perusahaan dan diserahkan kepada kelompok masyarakat yang dikelola oleh keperasi.

Sementara, Ketua Bidang Kemitraan PT Surya Dumai Regional Provinsi Riau, Rahmad Widodo mamaparkan pandangan terkait kerja sama dan kemitraan antara perusahaan dan kelompok masyarakat yang lebih dikenal dengan perkebunan plasma.

"Keuntungan dari pada perkebunan kelapa sawit tersebut antara pihak perusahaan dan pemilik kebun plasma yang dikoordinasi oleh koperasi yang dibentuk oleh kesepakatan masyarakat, sangat menguntungkan dan menyejahterakan masyarakat," ujar Rahmad Widodo.

Ditambahkannya, saat ini PT. Surya Dumai sudah memiliki 34 koperasi dan akan terus berkembang. Pada Febuari 2019, menurut Rahmad sebanyak enam koperasi akan diserahkan kepada kelompok masyarakat.



Dalam studi banding ini, peserta juga mendapatkan paparan mengenai bisnis kelapa sawit dan kemitraannya dengan masyarakat inti plasma dari Manajemen PT Surya Dumai. Dari 34 koperasi mitra kerja PT. Surya Dumai, satu Koperasi yang saat sudah mandiri, bahkan koperasi tersebut sudah membuka SPBU. 

Padahal, menurut Rahmad awalnya hanya bermodal usaha perkebunan kelapa sawit dan bermitra dengan perusahaan.

 

Selain pertemuan untuk pemaparan skema kemitraan, peserta beserta staf ahli PT Surya Dumai  berkesempatan mengunjungi kebun kelapa sawit di Desa Danau Lancang Indah, Kabupaten Kampar yang berjarak 4 jam perjalanan dari Pekanbaru.

Ketua Koperasi KOPTI Desa Danau Lancang Indah, Tama Luku Intan bersama masyarakat plasma pada kesempatan itu memberikan gambaran dan membagi pengalaman dengan peserta. 

Para pengurus dan peserta berdiskusi membahas prospek perkebunan sawit. Pada kesempatan diskusi, Koordinator Studi Banding Masyarakat Lingga, Zuhardi dan Aziz Martindas mengungkapkan kekagumannya pada kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kamparyang menjadi plasma PT Surya Dumai. 

Sementara, Aziz Martindas mengaku kagum melihat penghasilan para petani yang bagus dan mencukupi kebutuhan hidup. Dia berharap agar kebun kepala sawit di Kabupaten Lingga segera dimulai. 
"Segera saja mulai kebun kelapa sawit di Lingga, untuk mengangkat perekonomian masyarakat Lingga yang saat ini menjadi kabupaten paling termiskin di Provinsi Kperi," tegasnya.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Manager Partnership PT. Surya Dumai, Didin Sating bersama Ketua Bidang Kemitraan PT Surya Dumai Regional Provinsi Riau, Rahmad Widodo dan Rizki Syawalia Siregar.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE