KPU Batam pastikan petugas pendata pemilih patuhi protokol kesehatan

id kpu batam,coklit batam,pilkada batam 2020,KPU Batam pastikan PPDP,PPDP patuhi protokol kesehatan

KPU Batam pastikan petugas pendata pemilih patuhi protokol kesehatan

Anggota KPU Batam, Sastra Tamami (Naim)

Batam (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Batam, Kepulauan Riau, memastikan seluruh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) yang datang ke rumah warga untuk mencocokan dan meneliti daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

"Karena kondisi sedang pandemi, pelaksanaan coklit mematuhi protokol kesehatan," kata anggota KPU Batam, Sastra Tamami di Batam, Rabu.

Setiap PPDP juga dilengkapi dengan alat pelindung diri, di antaranya masker, pelindung wajah, sarung tangan dan cairan pembersih tangan.

Sebelum turun ke lapangan, setiap PPDP juga menjalani tes cepat COVID-19. Apabila ada yang hasil tesnya reaktif, maka KPU segera mengganti dengan PPDP baru.

Dia menyatakan, dalam pelaksanaan tes cepat COVID-19 calon PPDP, beberapa orang di antaranya diketahui reaktif, dan pihaknya segera mengganti dengan petugas yang baru.

"Sebelum mereka turun tanggal 15 (Juli) sudah diganti," kata dia.

Rapid tes dilaksanakan sekali terhadap seluruh PPDP di awal masa coklit. Dalam pelaksanaannya, KPU dibantu Pemkot Batam.

Mengenai pelaksanaan coklit, ia menyatakan relatif tidak ada kendala. Masyarakat tidak ada yang menolak petugas yang datang, karena memahami pentingnya proses coklit.

"Tidak ada masyarakat yang menolak di-coklit karena takut penularan COVID-19, karena sebelumnya kami sudah sosialisasi bahwa semua PPDP sudah mengikuti rapid tes dan mengenakan APD," kata dia.
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar