BPTD IV terbitkan Surat Persetujuan Berlayar di Kepri

id bptd riau kepri, riau

BPTD IV terbitkan Surat Persetujuan Berlayar di Kepri

Penyerahan SPB. Foto Antara Kepri/Humas BPTD IV

Batam (ANTARA) - Surat Persetujuan Berlayar (PSB) di Provinsi Kepulauan Riau kini diterbitkan oleh Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IV Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau (BPTD IV Riau-Kepri), sesuai aturan Kementerian Perhubungan.

"Dengan mengucapkan Bismillah, hari ini telah resmi pelaksanaan tugas dan fungsi keselamatan pelayaran TSDP, oleh BPTD IV Riau-Kepri," kata Plt Kadishub Provinsi Kepri Junaidi dalam keterangan pers, Selasa.

Dalam keterangan disebutkan, pelaksanaan peralihan tugas dan fungsi keselamatan dan keamanan pelayaran transportasi sungai danau dan penyeberangan di Kepri relatif berjalan lancar.

Junaidi menyaksikan secara langsung penerbitan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) perdana di Pelabuhan Penyeberangan (PP) Tanjung Uban.

Kepala Dinas berharap, pelaksanaan tugas berjalan lancar demi mengoptimalkan pelayanan pelayaran yang berkeselamatan dan aman bagi masyarakat.


"Ini sejarah bagi insan perhubungan, sejarah pelayaran penyeberangan, yakni peran kesyahbandaran Transpotasi SDP menjadi kewenangan kawan-kawan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat," kata Junaidi.
 

Dalam penerbitan SPB perdana, Kepala Unit Pelaksana Pelabuhan Asdiman Sagala menyerahkan dokumen kapal kepada Korsatpel PP Tanjunguban Muhammad Zita, menjelang keberangkatan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Swarna Bengawan dengan rute PP Tanjung Uban - PP Telaga Punggur.

Setelah mengecek administrasi dan teknis, Muhammad Zita selaku pejabat Pembantu Syahbandar dari BPTD IV Riau-Kepri menandatangani dokumen SPB kepada Nakhoda KMP Swarna Bengawan.

Pada keterangan pers disebutkan, bagi BPTD IV Riau-Kepri, peralihan tugas dan fungsi keselamatan dan keamanan pelayaran TSDP masih pada masa transisi.

Seluruh jajaran mulai dari Syahbandar, Syahbandar Pembantu, Marine Inspector dan staf administrasi masih beradaptasi.

"Hari ini kami mulai menjalankan kepercayaan yang diberikan Dirjen Hubdat Budi Setiyadi, kami harus cepat beradaptasi dan belajar lebih banyak dengan kawan-kawan dari KSOP yang telah berpengalaman," kata Muhammad Zita.
 

Disebutkan juga daftar Pembantu Syahbandar di wilayah kerja BPTD IV Riau-Kepri, yaitu Daramis pada PP Dumai, Rori Diansyah pada PP Rupat, Mangasi Siahaan pada PP Sei Selari, serta Supiandi pada PP Air Putih Bengkalis, Febrianto pada PP Kampung Balak, Pecah Buyung dan Alai Insit.

Lalu Rusdi Afianto pada PP Tanjung Balai Karimun dan Selat Belia, Fauzi pada PP Telaga Punggur, Muhammad Zita pada PP Tanjung Uban, Divta A pada PP Tambelan, Nofriza pada PP Dompak, Muhammad Saleh pada PP Matak dan Penagi, serta Syaibul Alades pada PP Dabo/Jagoh dan Penarik.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE