Pemkot Batam akan pasang penerangan jalan umum tenaga surya di kawasan permukiman

id kepri,batam ,pemkot,Pemkot akan pasang PJU-TS,pasang PJU-TS di kawasan permukiman di Batam,pasang PJU-TS di kawas

Pemkot Batam akan pasang penerangan jalan umum tenaga surya di kawasan permukiman

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau akan, memasang sebanyak 350 unit penerangan jalan umum dengan tenaga surya (PJU-TS) di kawasan permukiman di pulau penyangga maupun pulau utama di daerah setempat.

"Kami akan pasang PJU di Belakangpadang, Bulang, Tiban dan seterusnya,” kata Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad di Batam, Jumat.

Sebelumnya Pemkot Batam telah menerima 350 unit PJU-TS dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI.

Baca juga:
Bank Indonesia perluas akseptasi pembayaran digital melalui QRIS di Kepri

BNN ungkap kasus pabrik pembuatan narkoba di Batam


Menurut Amsakar, berbagai keuntungan dengan pemakaian PJU-TS di antaranya mengikuti perkembangan dunia sudah beralih dari energi fosil ke energi baru terbarukan (EBT) serta penggunaan yang lebih efisien.

“Jadi belanja yang akan dibayarkan oleh masyarakat berkurang, dan kegunaan yang ketiga, yaitu meminimalisir penggunaan BBM yang sekarang harus mulai dikurangi,” katanya.

Lebih lanjut, Amsakar menjelaskan, Kota Batam membutuhkan 5 ribu unit PJU-TS untuk di kawasan permukiman di daerah setempat dan diperkirakan pada 2023 akan ada pengadaan 1.000 unit PJU-TS.

"Saat serah terima itu disampaikan di depan Direktur Jenderal EBT, bahwa tahun depan ada penambahan, mudah-mudahan bisa terealisasikan,” ujar Amsakar.

Baca juga:
Ketua RT sebut tidak ada aktivitas mencolok di rumah yang buat narkoba di Batam

BI Kepri sasar tujuh pasar dalam program SIAP QRIS


Sementara itu, Kementerian ESDM memasang 350 unit PJU-TS di Kota Batam yang diharapkan dapat membantu pemerintah menghemat pengeluaran daerah.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Hendra Iswahyudi dalam keterangannya di Jakarta, Selasa mengatakan, program dengan anggaran APBN tersebut sudah selayaknya kembali ke masyarakat dan dimanfaatkan langsung masyarakat.

"Selain itu, juga sebagai wujud komitmen pemerintah mempercepat bauran EBT (energi baru dan terbarukan)," ujar Hendra saat peresmian dan serah terima PJU-TS Tahun Anggaran 2021 di Kota Batam, Kepulauan Riau, Minggu (17/7).

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE