Warga pesisir diimbau waspadai gelombang setinggi hingga empat meter, termasuk Laut Natuna

id gelombang tinggi,cuaca daerah perairan,perairan indonesia

Warga pesisir diimbau waspadai gelombang setinggi hingga empat meter, termasuk Laut Natuna

Arsip Foto. Gelombang menghempas daerah pesisir Gorontalo Utara. (ANTARA/Susanti Sako)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo mengimbau warga yang tinggal atau beraktivitas di pesisir mewaspadai potensi gelombang setinggi hingga empat meter di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 22 - 23 Januari 2023, termasuk di Laut Natuna dan Anambas Kepulauan Riau (Kepri).

Eko mengatakan selama waktu itu, angin dominan bergerak dari utara ke timur laut dengan kecepatan 8-20 knot di wilayah Indonesia bagian utara dan dominan bergerak dari barat daya-barat laut dengan kecepatan 6-25 knot di wilayah Indonesia bagian selatan.

 Laut Natuna Utara, perairan utara Kepulauan Anambas-Kepulauan Natuna, perairan utara Kepulauan Sangihe-Kepulauan Talaud, dan Samudra Pasifik utara Halmahera tinggi gelombangnya diprakirakan 2,50 hingga 4 meter selama periode tersebut.

"Untuk itu, perlu diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran," kata dia.

Operator perahu nelayan diminta mewaspadai kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter dan operator kapal tongkang mewaspadai kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter.

Sementara operator kapal feri diminta mewaspadai kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

Sedangkan operator kapal besar seperti kapal kargo dan kapal pesiar diimbau mewaspadai kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang lebih dari empat meter.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Warga pesisir diimbau waspadai gelombang setinggi hingga empat meter

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE