BMKG terbitkan peringatan gelombang ekstrem di Natuna

id bmkg,gelombang ekstrem,gelombang tinggi,peringatan dini bmkg,BMKG keluarkan peringatan dini,peringatan dini gelombang ek

BMKG terbitkan peringatan gelombang ekstrem di Natuna

BMKG mengimbau warga di empat kabupaten untuk mewaspadai terjadinya hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang (Abdul Fatah)

Jakarta (ANTARA) - BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia, pada 28-29 Januari 2023.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo mengatakan, ada potensi gelombang ekstrem berkisar enam sampai sembilan meter pada Laut Natuna Utara dan perairan utara Kepulauan Natuna di Provinsi Kepulauan Riau.

"BMKG selalu menghimbau masyarakat untuk selalu waspada terutama bagi nelayan," ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Eko menuturkan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari utara - timur dengan kecepatan angin berkisar 5 sampai 30 knot. Sedangkan, wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari barat daya - barat laut dengan kecepatan angin berkisar 5 sampai 25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, perairan Kepulauan Anambas - Kepulauan Natuna, perairan timur Bintan, perairan barat Kepulauan Mentawai, perairan barat Enggano, perairan barat Lampung, dan Selat Sunda.

Kondisi pola angin itu menyebabkan gelombang tinggi di banyak wilayah Indonesia, terkhusus Natuna dengan gelombang ekstrem yang berpotensi setinggi sembilan meter.

Menurut BMKG, gelombang sangat tinggi berkisar 4 sampai 6 meter berpeluang terjadi di perairan Kepulauan Anambas, perairan barat Kepulauan Natuna, perairan utara Subi sampai Serasan, Laut Natuna, dan perairan selatan Kepulauan Natuna.



 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE