Pemkot Batam ajak guru tingkat mutu pendidikan dengan Merdeka Belajar

id Kepri,batam,hardiknas ,pendidikan ,merdeka belajar

Pemkot Batam ajak guru tingkat mutu pendidikan dengan Merdeka Belajar

Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau saat melaksanakan upacara Hari Pendidikan Nasional 2023 di Dataran Engku Putri (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau mengajak semua guru di daerah tersebut memaknai peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023 untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui program Merdeka Belajar.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi di Batam, Selasa, mengatakan melalui program Merdeka Belajar siswa di sekolah tidak hanya belajar secara teori, tetapi juga mendapatkan pembelajaran secara praktik.

"Merdeka Belajar ini harus kita terapkan sehingga nanti anak-anak yang mungkin secara teoritis di lembaga pendidikan dia mendapatkan teori, tapi praktiknya tidak dapat. Maka dengan Merdeka Belajar mereka bisa keluar dari kampus atau sekolah untuk mencari ilmu sendiri," katanya usai melaksanakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023.

Menurutnya, jika penerapan program Merdeka Belajar diterapkan secara baik dan maksimal akan memenuhi standar pendidikan internasional.

"Karena teori saja tidak cukup, harus dilengkapi dengan praktik dan pengalaman di luar," ujar dia.

Ia juga menyatakan pentingnya meningkatkan prestasi pendidikan.

"Apa yang sudah kita capai dengan prestasi yang baik tentu harus di tingkatkan, bagi yang belum kita capai harus segera kita lakukan di Dinas Pendidikan," kata dia.

Ia menjelaskan dengan hadirnya program Merdeka Belajar juga menjadi upaya dalam meningkatkan kualitas SDM kaum milenial.

"Jumlah masyarakat banyak sekali, murid juga banyak sekali, mereka nanti setelah menyelesaikan SMA, mereka sudah punya peluang untuk mencari kerja," kata dia.

Ia mengharapkan pendidikan di daerah itu lebih baik pada masa mendatang.

"Mudah-mudahan dengan Merdeka Belajar ini pendidikan di Batam dan Kepri bisa lebih baik lagi dari tahun ke tahun," demikian Rudi.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE