Jutaan udang laut naik ke darat, masuk pemukiman warga Gorontalo Utara

id udang laut,Gorontalo utara, pemukiman warga

Jutaan udang laut naik ke darat, masuk pemukiman warga Gorontalo Utara

Fenomena jutaan udang laut naik ke darat terjadi di Desa Buladu, Kecamatan Sumalata Timur, Gorontalo Utara. (ANTARA/Susanti Sako-tangkapan layar)

Gorontalo (ANTARA) - Jutaan ekor udang laut naik ke darat, masuk ke pemukiman warga Dusun Pongoala, Desa Buladu, Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

"Kondisi ini belum pernah terjadi, sehingga warga menjadi panik," kata Kepala Desa Buladu, Kecamatan Sumalata Timur Herlinda H.Laniyo di Gorontalo, Kamis.

Ia menerjunkan petugas air desa untuk mengecek kondisi tersebut.

"Kami merasa ini berkah, perlu mengecek asal mula udang ini. Sebab, saat musim udang saja, belum pernah ada jutaan ekor udang terus berdatangan ke darat," kata dia.

Petugas air turun pada Kamis pagi, mengecek sumber air di wilayah pegunungan Buladu.

Di sana, kata Herlinda, terdapat sumber air bersih pegunungan yang mengalir ke sungai. Juga terdapat tiga bak air penampung yang dibangun melalui program Pamsimas. Namun, tidak ditemukan udang.

Setelah dicek di muara sungai yang berada sekitar tiga meter dari laut, ternyata udang berdatangan dari muara tersebut. Ada sebuah jembatan, di bawahnya terdapat pipa yang tidak digunakan lagi, berdiameter tiga meter. Di dalam pipa, terdapat pipa lagi. "Pipa itu ternyata bocor, sehingga udang yang terseret ombak, masuk dari situ hingga ke pemukiman warga," kata Herlinda.

Ia menilai jutaan udang yang naik ke darat itu adalah berkah bagi warga desa. Warga mengumpulkan udang-udang tersebut, bahkan ada yang sudah meraup keuntungan.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jutaan udang laut masuk pemukiman warga Gorontalo Utara

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE