Porwil XII Sumatera tahun 2027 bakal digelar di Kepri

id porwil, koni kepri, kepri,olahraga,sumatra

Porwil XII Sumatera tahun 2027 bakal digelar di Kepri

Para Ketua KONI se-Sumatera berfoto bersama usai rapat di Pekanbaru, Ahad. (ANTARA/ HO-KONI Kepri)

Batam (ANTARA) - Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XII Sumatera tahun 2027 bakal digelar di Provinsi Kepulauan Riau. Kepastian itu berdasarkan hasil rapat yang diikuti para ketua KONI dari Riau, Aceh, Sumut, Sumbar, Jambi, Sumsel, Bengkulu, Bangka Belitung, Lampung dan Kepri.

"Kami para Ketua KONI di seluruh provinsi di Sumatera sudah berkumpul dan memutuskan bahwa penyelenggaraan Porwil XII Tahun 2027 yaitu di Propinsi Kepri," kata Usep, Senin.

Usep mengatakan, dalam rapat yang digelar di Pekanbaru pada Ahad (5/11) malam itu, awalnya terdapat dua provinsi yang mengajukan diri sebagai penyelenggara Porwil XII yaitu Jambi dan Kepulauan Riau. 

Provinsi Kepri pun menyampaikan kesiapan untuk menjadi tuan rumah Porwil XII, sebagaimana yang disampaikan oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad melalui Kadispora Kepri Muhammad Ikhsan.

"Akhirnya rapat memutuskan bahwa Provinsi Kepri menjadi Tuan Rumah Porprov XII 2027 mendatang, setelah asa dinamika dan demi kebersamaan satu Sumatra maka Provinsi  Jambi memberikan kesempatan ke Kepri," kata Usep dalam keterangan tertulisnya.

Dalam pertemuan KONI se-Sumatra itu juga disepakati penambahan cabang olahraga dalam Porwil XII 2027 dari 10 menjadi 20 cabang olahraga.

Menurut Usep, hal tersebut  sudah disetujui oleh  KONI pusat tinggal  menyampaikan ke BP Cobor di pusat

Setelah Kepri ditunjuk sebagai tuan rumah, ia mengatakan maka selanjutnya harus mempersiapkan sarana dan prasarana tempat pertandingan, terutama atletik dan kolam renang.

Usep mengatakan persoalan itu sudah disampaikan kepada Gubernur Ansar Ahmad dan kepala daerah merespon baik dan akan memperjuangkan Kepri sebagai tuan rumah.

Ia percaya, penyelenggaraan Porwil XII 2027 di Kepri akan meningkatkan prestasi olahraga nasional dan international, sekaligus mendongkrak kunjungan wisata ke Kepri, karena akan dihadiri sekitar 400 orang atlet berikut 200-an orang pegurus dan official dari 10 provinsi se-Sumatra.

Baca juga:
Pemkot Batam telah serahkan 33.470 paket sembako murah
PN Batam sebut hakim yang meninggal di hotel miliki penyakit jantung
Begini perkembangan pergeseran warga terdampak pengembangan Rempang Eco-City

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE