Kepri resmi terima bendera KONI, tanda jadi tuan rumah Porwil Sumatera 2027

id porwil, koni kepri, usep rs, kepri, kepulauan riau

Kepri resmi terima bendera KONI, tanda jadi tuan rumah Porwil Sumatera 2027

Kadispora Muhamad Ikhsan menerima bendera KONI dari Wakil Ketua I KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Suwarno, sebagai tanda bahwa provinsi kepulauan itu akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XII pada tahun 2027. (ANTARA/ HO-KONI Kepri)

Batam (ANTARA) - Gubernur Kepri Ansar Ahmad yang diwakili Kadispora Muhamad Ikhsan menerima bendera KONI dari Wakil Ketua I KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Suwarno, sebagai tanda bahwa provinsi kepulauan itu akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XII pada tahun 2027.

Penyerahan bendera KONI itu dilakukan dalam upacara penutupan Porwil Sumatera XI di Riau, pada Selasa, kata Ketua KONI Kepri Usep RS dalam keterangan tertulis yang diterima di Batam, Kamis.

Usep mengatakan bangga Kepri ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Porwil XII tahun 2027. 

"Kami berbangga dan menyatakan siap menjadi tuan rumah Porwil mendatang," kata Usep RS.

Usep menyebutkan, Porwil Sumatera XI resmi ditutup Plt Gubernur Riau Edi Natar Nasution, di Halaman Kantor Gubernur Riau, Selasa (14/11/2023).

Penutupan digelar usai pertandingan tim sepakbola Kepulauan Riau (Kepri) melawan Lampung  yang dimenangkan Kepri dengan adu pinalti. Dengan begitu Kepri membawa pulang medali perunggu.

Ketua PB Porwil Sumatera XI Joni Irwan mengatakan, kegiatan itu diikuti delapan provinsi yakni Provinsi Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Lampung.

Pada Porwil Sumatera XI ini mempertandingkan 10 cabor yakni Sepakbola, Sepak Takraw, Bola Tangan, Voli Indoor, Wushu, Barongsai, Renang, Atletik, dan E-Sport. Sebanyak 9 cabor dipertandingkan di Kota Pekanbaru sementara satu lagi Atletik dipertandingkan di Kabupaten Kampar.

"Sebagai penutup pertandingan, Porwil Sumatera XI diakhiri dengan final cabor sepakbola yang mempertemukan Riau Vs Sumatera Barat di Stadion Kaharuddin Nasution, Selasa (14/11) sore. Pertandingan dimenangkan oleh Sumatera Barat dengan skor 6-5 lewat adu penalti," ujar Joni, dalam sambutannya pada penutupan Porwil Sumatera XI.

Dalam sambutan itu, dirinya juga mengumumkan Riau sebagai Juara Umum Porwil Sumatera XI 2023. Riau berhasil mempertahankan juara umum tiga kali berturut-turut, sekaligus mendapatkan tropi Juara Umum Porwil tetap.

Riau menyabet Juara Umum Porwil Sumatera XI dengan 41 medali emas, 21 perak dan 34 perunggu. Sementara di posisi kedua ditempati oleh Bangka Belitung 31 emas, 21 perak dan 28 perunggu. Kemudian di posisi ketiga diduduki oleh Sumatera Barat dengan perolehan 22 medali emas, 36 perak dan perak.

Sementara itu, Wakil Ketua I KONI Pusat Suwarno mengatakan, bahwa Porwil Sumatera XI ini sebagai ajang silaturahmi antar masyarakat se-Sumatera.

"Sebenarnya porwil ini adalah alat pemersatu masyarakat se Sumatera," ujar Suwarno.

Sementara itu, Plt Gubernur Riau Edi Natar Nasution mengatakan, bahwa Porwil merupakan ajang seleksi atlet untuk bisa bertanding pada PON Aceh-Sumut 2024 mendatang.


Berikut perolehan medali pada Porwil Sumatera XI 2023 di Provinsi Riau.

1. Riau -- 41 Emas, 21 Perak dan 34 Perunggu

2. Babel -- 31 Emas, 21 Perak dan 28 Perunggu

3. Sumbar -- 22 Emas, 36 Perak dan 25 Perunggu

4. Sumsel -- 14 Emas, 28 Perak dan 16 Perunggu

5. Jambi -- 13 Emas, 8 Perak dan 17 Perunggu

6. Lampung -- 10 Emas, 10 Perak dan 15 Perunggu

7. Kepri -- 9 Emas, 11 Perak dan 17 Perunggu

8. Bengkulu - 3 Emas, 8 Perak dan 4 Perunggu.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE