KPU Tanjungpinang mulai melipat sekitar 800 ribu surat suara Pemilu 2024

id Pelipatan surat suara,kepri,tanjungpinang,kpu tanjungpinang,pemilu 2024,pilpres 2024,pesta demokrasi

KPU Tanjungpinang mulai melipat sekitar 800 ribu surat suara Pemilu 2024

Anggota KPU Tanjungpinang, Kepri, Andri Yudi memantau pelipatan surat suara di gudang logistik KPU, Jalan WR Supratman, Kilometer 8, Senin (8/1/2024). (Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - KPU Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mulai menyortir dan melipat sekitar 800 ribu surat suara Pemilu 2024 dengan mengerahkan 50 orang pekerja yang merupakan warga setempat.

Anggota KPU Tanjungpinang, Andri Yudi, mengatakan kegiatan pelipatan surat suara ditargetkan selesai selama lima hari, terhitung tanggal 8 hingga 12 Januari 2024.

"Kalau belum selesai, waktunya akan diperpanjang lagi," katanya saat memantau pelipatan surat suara hari pertama di gudang logistik KPU Kota Tanjungpinang, Jalan WR Supratman, Kilometer 8, Senin (8/1).

Ia menyebut 800 ribu surat suara yang disortir dan dilipat itu terdiri dari lima jenis surat suara, meliputi Presiden/Wakil Presiden RI, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi Kepri, dan DPRD Kota Tanjungpinang. Masing-masing pemilihan terdiri dari 170.669 surat suara, atau plus dua persen dari total daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 167.076 jiwa.

Adapun upah warga melipat surat suara dibagi menjadi tiga kategori, yakni untuk surat suara Presiden/Wakil Presiden RI sebesar Rp190 per lembar, kemudian DPD RI dan DPR RI sebesar Rp220 per lembar, dan DPRD tingkat Provinsi Kepri dan Kota Tanjungpinang sebesar Rp290 per lembar.

"Upah tersebut sudah sesuai dengan standar biaya masukan (SBM) di lingkup KPU Kota Tanjungpinang," ujarnya.

Andri memastikan warga yang menyortir dan melipat suara itu sudah diberikan bimbingan teknis sebelum melaksanakan tugasnya, sehingga harus mematuhi tata tertib dan prosedur operasi standar (SOP) yang telah ditetapkan.

Selain itu, mereka juga dipastikan tidak terafiliasi dengan partai politik guna menghindari terjadinya penyalahgunaan surat suara.

"Proses sortir dan pelipatan surat suara juga diawasi langsung aparat kepolisian dan Bawaslu Kota Tanjungpinang," ungkapnya.

Lanjut Andri menambahkan bahwa saat ini seluruh logistik Pemilu 2024 sudah berada di gudang logistik KPU Kota Tanjungpinang, mulai dari kotak suara, bilik suara, surat suara serta peralatan pendukung lainnya.

Ia mengutarakan pendistribusian logistik Pemilu tanggal 14 Februari 2024 ke tingkat kecamatan se-Kota Tanjungpinang akan dimulai pada H-2 dan H-1.

"Semuanya sudah lengkap, tinggal didistribusikan saja," demikian Andri.

KPU Kota Tanjungpinang telah menetapkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 sebanyak 167.076 orang yang tersebar di 637 TPS, empat kecamatan, serta 18 kelurahan daerah setempat.

Baca juga:
KPU Kepri : Seluruh parpol dan calon DPD RI sudah sampaikan LADK Pemilu 2024

Pemkab Natuna berikan bantuan sebanyak 17.220 ekor bibit ikan kerapu ke warga

BP Batam targetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 7,5 persen pada 2024

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE