LKBN ANTARA siap bantu Puspen TNI tingkatkan SDM dan menyiarkan berita akurat

id kantor berita ANTARA,puspen TNI,kapuspen TNI,Mayjen Nugraha Gumilar,Irfan Junaidi,Direktur Pemberitaan ANTARA,ANTARA dan

LKBN ANTARA siap bantu Puspen TNI tingkatkan SDM dan menyiarkan berita akurat

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI R. Nugraha Gumilar (kanan) dan Direktur Pemberitaan Perum LKBN ANTARA Irfan Junaidi (kiri) berbincang-bincang saat keduanya bertemu di Wisma ANTARA B, Jakarta, Kamis (18/1/2024). ANTARA/Genta Tenri Mawangi.

Jakarta (ANTARA) - Direktur Pemberitaan Perum LKBN ANTARA Irfan Junaidi menyampaikan ANTARA siap membantu Pusat Penerangan (Puspen) TNI meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) penerangan TNI sekaligus menyiarkan berita-berita TNI yang akurat dan mampu menjaga kerukunan serta persatuan bangsa.

Irfan, saat menerima kunjungan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Dr. R. Nugraha Gumilar di Wisma ANTARA B, Jakarta, Kamis, menjelaskan komitmen itu merupakan tugas yang melekat pada ANTARA sebagai satu-satunya kantor berita milik negara.

"ANTARA dan Puspen TNI sama-sama merah putih," kata Irfan ke Kapuspen TNI.

Kapuspen TNI menyampaikan beberapa program dan keinginannya untuk membentuk Pusat Penerangan TNI semakin profesional, mengingat ancaman pertahanan tidak lagi konvensional, tetapi juga ada pada dunia maya yang tumbuh subur karena kemajuan teknologi.

Berita-berita menyesatkan, menurut Kapuspen, cepat memantik emosi publik dan menyulut perseteruan antarkelompok masyarakat, termasuk antara TNI dan masyarakat.

Karenanya, kerja sama Puspen TNI dan ANTARA penting karena ANTARA dapat menjadi wadah yang menyaring dan meluruskan berbagai jenis misinformasi, disinformasi, dan informasi menyesatkan yang muncul ke publik dan di media sosial.

Terkait itu, Irfan menyebut Puspen TNI dapat mengandalkan ANTARA mengingat jaringan distribusi ANTARA sebagai kantor berita yang luas. "ANTARA punya perwakilan di tingkat provinsi seluruh Indonesia dan perwakilan di luar negeri, juga jumlah pelanggan ANTARA saat ini mencapai lebih dari 400 media yang tersebar di seluruh Indonesia," kata Direktur Pemberitaan ANTARA.

Dalam kesempatan itu, Kapuspen TNI turut menyinggung keinginannya meningkatkan kapasitas dan kemampuan sumber daya penerangan TNI agar mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi. ANTARA pun menyampaikan kesiapan-nya untuk mewadahi kebutuhan Puspen TNI mengingat ANTARA memiliki lembaga pendidikan dan pelatihan yang tidak terbatas pada jurnalistik, melainkan juga manajemen komunikasi dan media, serta kehumasan.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: ANTARA siap bantu Puspen TNI tingkatkan SDM dan siarkan berita akurat

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE