Pelni Tanjungpinang: Mudik gratis tingkatkan perekonomian daerah

id Mudik gratis tingkatkan ekonomi,kepri,tanjungpinang,pelni,mudik gratis,tiket gratis,mudik lebaran 2024

Pelni Tanjungpinang: Mudik gratis tingkatkan perekonomian daerah

Aktivitas mudik menggunakan kapal Pelni di pelabuhan SBP Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri). ANTARA/Ogen

Tanjungpinang (ANTARA) - Kepala Pelni Cabang Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) I.B.A Putra Kencana mengatakan program mudik gratis Lebaran 2024 dapat meningkatkan perekonomian daerah sekaligus mendorong kesejahteraan masyarakat.

"Otomatis, turut memperkuat perekonomian nasional," kata Putra Kencana di Tanjungpinang, Minggu (31/3).

Ia mencontohkan pemudik tujuan Kijang (Bintan) ke Tanjung Priok (Jakarta) harus merogoh kocek sekitar Rp403 ribu per orang. Jika ada empat pemudik, maka totalnya sekitar Rp1.212.000

Namun dengan adanya program mudik gratis, para pemudik tersebut tidak perlu lagi mengeluarkan biaya sepeser pun, karena sudah ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Dengan demikian mereka bisa menghemat pengeluaran sebesar Rp1.212.000. Uang itu dapat dibelanjakan untuk berbagai kebutuhan jelang Hari Raya Idul Fitri di daerah asalnya, Tanjung Priok.

"Uangnya bisa buat beli kue, pakaian, maupun aksesoris Lebaran, sehingga peredaran uang meningkat dan ekonomi daerah menggeliat," ujar Putra.

Selain itu, katanya lagi, program mudik gratis juga sangat membantu masyarakat terutama kelas ekonomi menengah ke bawah. Mudik gratis dibiayai oleh Kemenhub bekerja sama dengan PT Pelni selaku operator.

Program ini disambut antusias masyarakat, sebab pendaftar kuota mudik gratis diklaim melebihi kuota tersedia. Total ada sekitar 700 tiket mudik gratis yang disiapkan Pelni Cabang Tanjungpinang. Dengan rincian 200 tiket untuk antarpulau, yakni tujuan Kabupaten Natuna dan Tarempa (Anambas). Sisanya sebanyak 500 tiket untuk tujuan tujuan Kijang-Jakarta-Maumere-Lewoleba-Kupang.

Belakangan Kemenhub kembali menambah kuota mudik gratis untuk Natuna dan Tarempa. Masing-masing 78 penumpang atau pax.

"Seluruhnya sudah habis, tinggal menunggu keberangkatan kapal," ujar Putra.

Putra menambahkan untuk jadwal keberangkatan tujuan Kijang-Natuna dan Kijang-Tarempa pada tanggal 3 April 2024 menggunakan KM Bukit Raya.

Sedangkan tujuan tujuan Kijang-Jakarta-Maumere-Lewoleba-Kupang sudah berangkat tanggal 27 Maret 2024 menggunakan KM Umsini.

"Kami pastikan armada kapal yang dimiliki Pelni sudah siap 100 persen melayani angkutan mudik lebaran, termasuk mudik gratis," demikian Putra.

Baca juga:
Pelni Tanjungpinang tambah kuota mudik gratis ke kabupaten Natuna dan Tarempa

BPTD Kepri siapkan rekayasa lalu lintas minimalisir macet arus mudik

211 armada kapal siap layani arus mudik Idul Fitri di Kepri

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE