Pemkab Natuna rancang pembangunan puskesmas untuk dua kecamatan

id Puskesmas,Puskesmas Pulau Terluar

Pemkab Natuna rancang pembangunan puskesmas untuk dua kecamatan

Kepala Dinas Kesehatan Natuna Hikmat Aliansyah (ANTARA/Muhamad Nurman)

Natuna (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), merancang dua unit bangunan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) untuk Kecamatan Seluan dan Kecamatan Pulau Panjang.
 
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Natuna Hikmat Aliansyah di Natuna, Jumat, mengatakan rancangan tersebut sudah diusulkan ke Kementerian Kesehatan.
 
"Kita ada 17 kecamatan, 15 kecamatan sudah memiliki puskesmas, tinggal dua kecamatan lagi yang merupakan kecamatan baru. Terkait hal ini sudah kami usulkan ke Kemenkes untuk pembangunan pada 2025 dan semoga disetujui," ucap dia.
 
Menurut dia, tujuan pembangunan dua unit puskesmas tersebut untuk memberikan pelayanan yang lebih maksimal. Saat ini, kata dia, masyarakat pada dua kecamatan tersebut hanya mendapatkan pelayanan di puskesmas pembantu (pustu).
 
"Di sana ada pustu dan jika mau dirujuk ke puskesmas mereka bisa mengunjungi puskesmas terdekat, seperti di Pulau Panjang bisa ke Subi, sedangkan Seluan ke Kelarik," ujar dia.
 
Puskesmas yang diusulkan, kata dia, lengkap dengan rumah dinas para dokter.
 
"Anggaran yang dibutuhkan di atas Rp6 miliar. Oleh karena itu kami usulkan ke pusat karena daerah tak akan sanggup," ucapnya.
 
Selain puskesmas, pihaknya juga mengusulkan pengadaan dokter kepada pemerintah pusat untuk melengkapi kekurangan dokter di puskesmas yang telah ada.
 
"Kami usulkan 20 orang tenaga dokter melalui formasi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil). Untuk tenaga lainnya kami usulkan melalui PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja)," tutur dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE