Warga Aceh puasa minta hujan antisipasi darurat kekeringan

id Mukim',shalat istisqa,siaga darurat,kekeringan,kemarau,Siaga darurat kekeringan

Warga Aceh puasa minta hujan antisipasi darurat kekeringan

Personel Brimob Polda Aceh sedang mengisi air bersih ke tempat penampungan milik warga di Gampong Lamcok, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar (ANTARA/M Ifdhal)

Banda Aceh (ANTARA) - Sebagian warga Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar melaksanakan puasa sunnah selama tiga hari dan dilanjutkan dengan shalat Istisqa, sebagai upaya memohon kepada Allah SWT agar daerah yang tengah dilanda darurat kekeringan tersebut segera turun hujan.

“Puasa sunnah selama tiga hari dan dilanjutkan shalat Istisqa pada Kamis di halaman masjid merupakan keputusan bersama sebagai bagian berdoa kepada Allah agar kekeringan yang melanda Kecamatan Lhoknga khususnya dapat segera berakhir,” kata Imuem Mukim (lembaga adat) Lhoknga Firdaus Akbar di Lhoknga, Senin.

Ia menjelaskan pelaksanaan puasa sunnah tersebut Mukim Lhoknga khususnya dan bersama empat mukim lainnya dalam Kecamatan Lhoknga telah mengeluarkan himbauan bersama kepada masyarakat agar melaksanakan keputusan bersama tersebut.

Imbauan yang diterbitkan di antaranya melaksanakan puasa sunnah istisqa selama tiga hari berturut-turut, menutup warung kopi selama masyarakat melaksanakan puasa istisqa, dan melaksanakan Shalat minta hujan pada Kamis (18/7).

Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar memiliki empat mukim yakni Lhoknga, Lampuuk, Kueh dan Lamlhom. Adapun jumlah gampong sebanyak 28 desa.

Mukim Lampuuk Muntaran mengatakan dalam pelaksanaan puasa tersebut tempat wisata Lampuuk ditutup selama puasa sunnah di laksanakan.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE