Kesbangpol Batam siagakan Tim DESK Pilkada untuk lakukan pemantauan

id Kepri,batam ,Kesbangpol ,Tim DEKS ,pilkada,kesbangpol batam,pilkada kepri,pilkada 2024,pilkada serentak

Kesbangpol Batam siagakan Tim DESK Pilkada untuk lakukan pemantauan

Kepala Badan Kesbangpol Kota Batam Riama Manurung di Batam, Rabu(14/08/2024). (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Batam, Kepulauan Riau menyiagakan tim Dukungan Elemen Satuan Kerja (DESK) Pilkada, guna melakukan pemantauan dalam tahapan pemilihan kepala daerah di kota itu.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Batam Riama Manurung di Batam, Rabu, mengatakan Kesbangpol memiliki peranan melakukan pengawasan dan pemantauan dalam setiap tahapan Pilkada, terutama saat masa kampanye mendatang.

"Saat kampanye nanti pasti Kesbangpol turun, dan kita laporkan kegiatannya ke Kemendagri. Jadi nanti jangan heran ada orang Kesbangpol turun saat kampanye, itu memang tugas mereka. Nanti kami siapkan juga atributnya," kata Riama.

Ia menyampaikan Kesbangpol memiliki tugas penting dalam menyampaikan persoalan netralitas ASN jelang Pilkada.

Dengan begitu, pihaknya terus melakukan koordinasi bersama penyelenggara Pilkada serta Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batam dalam melakukan pengawasan netralitas ASN.

"Nanti kalau misalnya ada yang ditemukan Bawaslu, preventifnya di Kesbangpol harus sampaikan ke ASN, bahwa tidak boleh terlibat dalam Pilkada sesuai dengan peraturan peraturan yang ada. Itu disampaikan baik pada ASN Pemkot maupun ASN instansi vertikal," ujar dia.

"Kalau memang ditemukan ada ASN yg melanggar itu tugas Bawaslu. Dan kalau memang dihukum itu urusan BKPSDM," tambah Riama.

Dalam mendukung kesuksesan pelaksanaan Pilkada 2024, Kesbangpol telah menganggarkan sebesar Rp63,1 miliar.

Anggaran tersebut masing-masing untuk KPU sebesar Rp39 miliar, Bawaslu Rp14,8 miliar, dan untuk pengamanan Rp9,2 miliar.

"Tentu kami pastikan anggaran Pilkada cukup, sesuai yang diusulkan KPU, Bawaslu, kemudian juga pihak keamanan TNI/Polri. Kemarin anggaran seluruhnya Rp63,1 miliar," kata dia.

Baca juga: Pemprov Kepri prioritaskan anggaran BPJS Ketenagakerjaan untuk petani

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE