Singapura terbuka untuk bantu peningkatan SDM Kepri

id singapura, maliki,batam, kepri

Singapura terbuka untuk bantu peningkatan SDM Kepri

Menteri Kedua Bidang Luar Negeri dan Bidang Pendidikan Singapura Maliki Osman berfoto bersama dengan pimpinan media di Batam, Jumat. (ANTARA/HO)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Singapura terbuka untuk membantu peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia di Provinsi Kepulauan Riau, guna memenuhi kebutuhan tenaga kerja perusahaan-perusahaan yang ada di provinsi itu.

"Pengembangan SDM salah satu peluang kerja sama yang bisa memperkuat kemitraan Singapura dan Kepri," kata Menteri Kedua Bidang Luar Negeri dan Bidang Pendidikan Singapura Maliki Osman di Batam, Jumat.

Ia menegaskan, Singapura memiliki banyak institusi yang dapat membantu meningkatkan kemampuan dan keahlian tenaga kerja Kepri. Apalagi apabila ada perusahaan baru yang hendak buka di Kepri dan membutuhkan sumber daya manusia dengan keahlian tersendiri.

Pihaknya juga akan membincangkan dengan penanam modal asal Singapura di Batam, bila membutuhkan tenaga kerja. 

"Kalau mereka belum punya rencana, dan mereka perlu sokongan pelatihan tenaga kerja, kami boleh membantu mereka," kata dia.

Menurut dia, di Singapura terdapat banyak institusi Pendidikan yang dilengkapi kurikulum yang relevan untuk industri.

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan pemerintah Singapura telah banyak kerja sama memberikan pelatihan peningkatan SDM Kepri, di antaranya ASN dari Pemprov Kepri dan BP Batam.

Tidak hanya Kepri, Pemerintah Singapura juga memberikan pelatihan untuk ASN dari pemerintah daerah lain di Indonesia, di antaranya Kota Jambi.

Selain itu, kerja sama pendidikan juga terbuka untuk antarinsitusi pendidikan. Dan yang sudah terjalin antara lain antara Republic Polytechnic Singapore dengan Politeknik Batam.

Ia menekankan bahwa pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan adalah kunci untuk memajukan kerja sama antara kedua wilayah.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE