Wapres Ma'ruf Amin berdialog dengan pedagang usai peresmian Pasar Tanjungpinang

id Pasar Tanjungpinang,Wakil Presiden,Ma'ruf Amin,revitalisasi pasar,renovasi pasar

Wapres Ma'ruf Amin berdialog dengan pedagang usai peresmian Pasar Tanjungpinang

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berdialog dengan pedagang di Pasar Baru Tanjungpinang di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Senin (9/9/2024). ANTARA/HO-Sekretariat Wakil Presiden

Tanjungpinang, Kepulauan Riau (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berdialog dengan para pedagang di Pasar Baru Tanjungpinang di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), usai pasar yang kini disebut Pasar Encik Puan Perak itu diresmikan pada Senin, setelah direnovasi.

"Ibu, Bapak, setelah pasarnya diperbaiki, dibangun kembali, direnovasi, bagaimana rasanya?" tanya Wapres kepada salah satu pedagang di Pasar Encik Puan Perak, di Tanjungpinang, Senin.

Melalui tayangan video yang diunggah dari akun YouTube Sekretariat Wakil Presiden, salah satu pedagang yang berjualan kopi bubuk itu pun mengatakan bahwa ia lebih merasakan kenyamanan setelah pasar direnovasi.

"Alhamdulillah, Pak, pasarnya sangat bagus, sangat memuaskan begitu, suasananya, tempatnya nyaman, tenteram. Nyaman Pak, kita dapat merasakan kenyamanan," kata pedagang laki-laki tersebut.

Wapres pun kemudian melanjutkan peninjauannya di pasar sambil berdialog dengan pedagang untuk memastikan kenyamanan fasilitas di pasar.

Pedagang wanita lainnya yang berjualan asinan Cik Puan mengatakan, kondisi pasar yang baru memang lebih nyaman karena tidak becek di bagian lantainya. Ia pun lebih bersemangat dalam mencari rezeki lewat berdagang asinan.

"Lebih nyaman, enak, tidak becek. Alhamdulillah lancar juga rezekinya. Mohon doanya, Pak," kata pedagang wanita itu.

Wapres juga mendoakan agar para pedagang lebih ramai pembelinya, sehingga barang dagangan mereka lebih laku dari sebelumnya saat pasar belum direnovasi.

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin meresmikan revitalisasi Pasar Baru Tanjungpinang atau disebut Encik Puan Perak di Kota Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Senin, yang akan memperkuat ekonomi dan menjadi sumber utama pendapatan daerah.

"Pasar Baru Tanjungpinang akan memperkuat ekonomi masyarakat dan menjadi sumber utama pendapatan daerah. Untuk itu, saya ingin memastikan penyediaan fasilitas yang modern, lingkungan yang tertib dan bersih, serta kemudahan akses bagi masyarakat lokal di pasar ini terpenuhi," kata Wapres Ma'ruf saat memberikan sambutan pada Revitalisasi Pasar Baru Tanjungpinang di Tanjungpinang, Kepri, Senin.

Wapres mengatakan bahwa Kota Tanjungpinang memiliki potensi besar di sektor industri hasil laut dan pariwisata bahari.

Oleh karena itu, Wapres menilai kehadiran Pasar Baru Tanjungpinang ini sangat strategis sebagai pusat jual beli dan distribusi hasil laut segar, produk kerajinan lokal dan produk pangan berkualitas.

Wapres berharap pasar ini dapat menjadi fasilitas peningkatan skala usaha dan pusat penggerak ekonomi lokal, sekaligus menjadi tempat kegiatan sosial budaya yang aman dan nyaman bagi pengunjung.

"Saya berharap melalui komitmen dan kerja keras kita bersama, Pasar Baru Tanjungpinang tidak hanya menjadi pusat ekonomi lokal, namun juga menjadi pusat ekonomi yang berdaya saing global," kata Wapres.

Sebagai informasi, Pasar Tanjungpinang merupakan pasar tertua di Kota Tanjungpinang yang berperan sebagai salah satu penggerak utama perekonomian daerah.

Namun, pada Maret 2022, salah satu bangunan pasar tersebut yang terletak di atas laut mengalami keruntuhan sehingga tidak dapat dimanfaatkan kembali oleh masyarakat untuk melakukan kegiatan jual beli.

Menyikapi kejadian ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Pemerintah Kota Tanjungpinang segera merehabilitasi guna memastikan bangunan pasar dapat berfungsi kembali dan melayani kebutuhan masyarakat.

Konstruksi rehabilitasi Pasar Baru Tanjungpinang ini dilaksanakan sejak November 2022 sampai Desember 2023 dengan nilai kontrak sebesar Rp79,6 miliar.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wapres berdialog dengan pedagang usai Pasar Tanjungpinang diresmikan

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE