NASA tunda misi Europa Clipper ke bulan Jupiter karena badai Milton

id Planet Jupiter,Satelit Jupiter Europa,NASA,Misi Europa Clipper,penundaan misi,Badai Milton,Florida,Space X

NASA tunda misi Europa Clipper ke bulan Jupiter karena badai Milton

Gambar-gambar baru dari teleskop Hubble menunjukkan bahwa Titik Merah Besar Jupiter terus menyusut dan menjadi lebih bundar. (NASA)

Washington (ANTARA) - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan SpaceX menunda peluncuran misi Europa Clipper yang dijadwalkan pada Kamis (10/10) ke bulan Jupiter, Europa, karena keberadaan badai Milton, kata badan antariksa AS dalam sebuah pernyataan.

“NASA dan SpaceX menunda upaya peluncuran misi #EuropaClipper pada 10 Oktober karena kondisi badai yang diperkirakan di area tersebut,” kata NASA dalam pernyataan pada Minggu (6/10).

“Kesempatan peluncuran berikutnya akan dievaluasi setelah Badai Milton berlalu,” tambah pernyataan tersebut.

Badai Milton diperkirakan akan mendarat di Florida pada Rabu (9/10) dan akan meninggalkan area tersebut setidaknya pada Jumat (11/10), menurut Administrasi Oseanik dan Atmosfer Nasional AS (NOAA).

Misi Europa Clipper adalah akan mencari kondisi yang dapat mendukung kehidupan organik di bulan Jupiter yang dingin, yang memiliki lautan air cair besar di bawah permukaannya.

Pejabat NASA mengatakan bahwa pesawat ruang angkasa tidak akan mendarat di Europa, tetapi akan melakukan 44 kali lintasan (flybys) dengan ketinggian antara 25 hingga 2.700 kilometer dan berusaha untuk mengukur kedalaman lautan tersebut, yang diperkirakan berada antara 60 hingga 80 mil.

NASA juga akan mencoba mengukur kandungan garam di lautan bawah permukaan, yang ditemukan oleh hasil penyelidikan Galileo NASA-JPL pada tahun 1997-1998.

Bulan Jupiter, Europa sedikit lebih kecil dari bulan Bumi dan merupakan bulan keenam terbesar di Tata Surya.

Sumber: Sputnik-OANA
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: NASA menunda misi Europa Clipper ke bulan Jupiter karena badai Milton

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE