Disdamkar Natuna ajarkan siswa SLB cara untuk cegah kebakaran

id SLB Natuna,Disdamkar,Damkar,Pencegahan kebakaran ,Penanggulangan ,Disabilitas,Kebakaran, kepri,Natuna,Pemadam kebakaran

Disdamkar Natuna ajarkan siswa SLB cara untuk cegah kebakaran

Guru SLB N Natuna saat memadamkan api dengan alat pemadam sederhana. (ANTARA/Muhamad Nurman)

Natuna (ANTARA) -
Dinas Pemadan Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkar) Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, mengajarkan siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri setempat cara mencegah kebakaran.
 
Kepala Bidang Pencegahan Disdamkar Kabupaten Natuna Beni Suparta di Natuna, Selasa, mengatakan kegiatan dilaksanakan di Markas Komando Damkar Natuna di Kecamatan Bunguran Timur.
 
"Kegiatannya tadi pagi, di kantor kita," ucap dia.
 
Para pelajar yang berjumlah 65 orang ini, kata dia, dalam rangkaian kunjungan literasi pengenalan profesi ke dinas mereka.
 
"Mereka di dampingi oleh guru, sekitar 18 orang," ucap dia.
 
Selain pemberian materi terkait pencegahan, para pelajar juga diajarkan cara menanggulangi kebakaran serta cara memadamkan api. Tujuannya untuk meminimalisasi dampak yang diakibatkan oleh kebakaran.
 
"Kami juga mengenalkan profesi, sarana, dan prasarana Damkar sesuai dengan tujuan utama kunjungan mereka," ujar dia.
 
Ia menyebut para guru pendamping juga diberikan pemahaman atau teori terkait pencegahan dan penanggulangan kebakaran, praktik memadamkan api dengan alat pemadam ringan (Apar) dan alat pemadam sederhana.
 
"Untuk ibu-ibu dan bapak gurunya kita ajarkan cara menggunakan alat pemadam api ringan penggunaan alat pemadam sederhana dan hal teknis terkait pencegahan maupun penanganan apabila terjadi musibah kebakaran kebakaran," ucap dia.
 
Ia berharap ilmu yang diberikan bisa bermanfaat bagi pelajar dan guru pembimbing serta meminimalisasi dampak akibat kebakaran.
 
"Kami berharap siswa lebih mengenal tugas dan fungsi Damkar serta cara mencegah dan menyelamatkan diri dari kebakaran," ujar dia.

Baca juga: Lantamal IV Batam berhasil evakuasi 12 ABK kapal roro KMP Tandeman

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE