Pesawat Tempur Super Tucano Patroli Udara di Natuna

id Pesawat Tempur Super Tucano Patroli Udara di Natuna

Lanud Ranai yang berada paling terdepan mempunyai tanggung jawab yang besar dalam mengamankan wilayah NKRI
Natuna (Antara Kepri)- Empat pesawat tempur Super Tucano dari Skadron Udara 21 Lanud Abdurrahman Saleh Malang melakukan patroli udara di wilayah Ranai dalam satu minggu kedepan.

Keempat pesawat tempur canggih ini mendarat di Lanud Ranai pada pukul 9.30 WIB   dipimpin langsung oleh Komandan Skadron 21 Letkol PNB Dedy Iskandar dan di sambut langsung oleh Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Ranai, Letkol (Pnb) M. Nurdin.

M. Nurdin saat ditanya oleh sejumlah awak media mengatakan patroli udara ini dimaksudkan untuk meningkatkan profesionalisme TNI AU serta menjaga kedaulatan NKRI di wilayah perbatasan.

"Lanud Ranai yang berada paling terdepan mempunyai tanggung jawab yang besar dalam mengamankan wilayah NKRI. Jika suatu waktu diminta untuk operasi udara di wilayah Natuna, maka Lanud Ranai sudah siap untuk melakukannya. Patroli ini berlangsung hingga tanggal 19 Desember," kata dia di hanggar Barat Lanud Ranai, Selasa (15/12).

Selain melakukan patroli udara kata dia, pesawat canggih ini juga melakukan latihan udara seperti menembak target dari udara serta perang dengan musuh sama-sama di udara.

Dengan hadirnya pesawat tempur ini kata dia tentu akan memberikan rasa aman khususnya warga Natuna, artinya wilayah Natuna diperkuat oleh alutista yang canggih baik darat, laut maupun udara untuk menantisipasi ancaman dari luar.

"Dengan hadirnya pesawat tempur canggih ini, yang hanya di miliki oleh beberepa negara saja tentu akan memberikan rasa aman bagi warga. Tak kalah penting, bagi negara lain tentu akan berpikir dua kali jika ingin memasuki wilayah NKRI apalagi yang ingin merong-rong kedaulatan negara," tutup dia. (Antara)

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE