Kemenpar sampaikan strategi meraih 17 juta wisman

id wisman,wisata kepri,target wisata kepri,guntur sakti

Kemenpar sampaikan strategi meraih 17 juta wisman

Kepala Biro Komunikasi Publik (Komblik) Kementerian Pariwisata, Guntur Sakti menyampaikan tiga strategi khusus untuk mencapai target 17 juta wisman di 2018 dan 20 juta wisman di 2019. (ANTARA News Kepri/Pradanna Putra)

Untuk mencapai target 17 juta wisman pariwisata harus didorong agar tumbuh hingga mencapai 21 persen dari capaian kunjungan wisman tahun 2017 sebesar 14,04 persen
Batam (Antaranews Kepri) - Kementerian Pariwisata memaparkan tiga strategi khusus untuk mendatangkan 17 juta wisatawan mancanegara di 2018 salah satunya dengan meluncurkan program insentif kepada airlines dan wholesaler. 

Kepala Biro Komunikasi Publik (Komblik) Kemenpar Guntur Sakti, di Batam, Jumat mengatakan program insentif kepada airlines dan wholesaler merupakan upaya untuk mengejar pertumbuhan.

"Tiga program marketing khusus 2018 yaitu insentif kepada airlines dan wholesaler, visit Wonderful Indonesia-Hot Deals, dan Competing Destination Model (CDM)," ujar Guntur.

Program tersebut lanjut Guntur, untuk mendongkrak pertumbuhan pariwisata sehingga target kunjungan 17 juta wisman pada 2018 tercapai. 

Ia menambahkan, untuk mencapai target 17 juta wisman pariwisata harus didorong agar tumbuh hingga mencapai 21 persen dari capaian kunjungan wisman tahun 2017 sebesar 14,04 persen. 

"Target pertumbuhan 21 persen jauh di atas pertumbuhan pariwisata regional ASEAN 7 persen dan dunia 6,4 persen," ujar Guntur seraya menambahkan, untuk mencapai target tersebut diperlukan strategi marketing khusus. 

Program marketing khusus itu melibatkan semua  pemangku kepentingan yaitu kalangan akademisi, pelaku bisnis, komunitas, pemerintah, dan media sebagai kekuatan Pentahelix. 

“Kerjasama semua unsur pariwisata sebagai Indonesia Incorporated menjadi kekuatan dalam mewujudkan pariwisata sebagai leading sector perekonomian nasional,” kata Guntur.

Guntur mengatakan guna mencapai target 17 juta wisman pihaknya mengelar workshop sosialisasi kebijakan Kemenpar sebagai sarana untuk  meningkatkan pemahaman dan peran serta jurnalis dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat.

Terutama tentang kebijakan serta program pemerintah di bidang pariwisata.

"Khususnya dalam upaya mewujudkan target kunjungan 17 juta wisatawan mancanegara dan 270 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus)," kata Guntur.

Guntur mengharapkan para jurnalis mendapatkan pemahaman dan informasi terkait sosialisasi kebijakan dari Kemenpar.

Pada workshop tersebut, Kemenpar mengangkat tema "Meraih 17 juta wisman di 2018 dan 20 juta wisman di 2019“.(Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE