Akses jalan Pulau Beringin OKU Selatan lumpuh total

id Lumpuh total, akses jalan Pulau Beringin, OKU Selatan, bersihkan tanah longsor, alat berat

Akses jalan Pulau Beringin OKU Selatan lumpuh total

Longsor di Kabupaten OKU Selatan menutup badan jalan, Sabtu (9/5). (ANTARA/HO/20)

Muaradua (ANTARA) - Akses jalan menuju Kecamatan Pulau Beringin, Sungai Are dan Sindang Danau, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Selatan, Sumatera Selatan lumpuh total akibat longsor yang disebabkan intenstas hujan tinggi pada Jumat (8/5) dini hari.
 

"Ada tujuh titik longsor yang terjadi di kecamatan kami yang menutup akses jalan," kata Camat Pulau Beringin, OKU Selatan, Putra Jaya di Muaradua, Minggu.
 

Dia mengemukakan saat ini terdapat tujuh titik longsor menutup jalan raya sehingga akses menuju Kecamatan Pulau Beringin, Sungai Are dan Sindang Danau lumpuh total.
 

Sedangkan, kata dia, satu titik longsor ringan berada di Desa Anugerah Kemu berhasil disingkirkan warga sehingga kendaraan dari Kota Muaradua dapat menuju ke Desa Anugerah Kemu.
 

"Untuk titik longsor kategori parah membutuhkan bantuan alat berat untuk membersihkan tanah agar jalan dapat dilewati kendaraan," ungkapnya.


 

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Selatan, Dony Agusta secara terpisah menjelaskan hujan lebat sejak beberapa hari terakhir di wilayah setempat mengakibatkan bencana longsor terjadi di 18 lokasi di Kabupaten OKU Selatan.
 

"Longsor paling banyak dan paling parah terjadi di dua desa di Kecamatan Pulau Beringin dan Kecamatan Warkuk Ranau Selatan,  yaitu di Desa Anugerah Kemu dan Kemu Ulu yang berjumlah sembilan titik longsor," jelasnya.
 

Akibat bencana alam tersebut, lanjut dia, akses jalan menuju Kecamatan Pulau Beringin, Kecamatan Sindang Danau, Kecamatan Sungau Are dan Kecamatan Warkuk Ranau Selatan sempat lumpuh total lebih dari 12 jam.
 

"Lokasi longsor itu sempat terisolir pascabencana alam tersebut menimbun badan jalan pada Sabtu (9/5) sekitar pukul 15.00 WIB," ungkapnya.

Menurut dia, dalam mengatasi bencana longsor ini pihaknya menerjunkan satu unit alat berat guna membersihkan tanah atau material yang menutup badan jalan agar kembali normal.
 

"Alhamdulillah jalan sudah bisa dibuka kembali Minggu siang sekitar pukul 15.30 WIB," ujarnya.


 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE