BP Batam vaksinasi dosis ketiga untuk nakes di RSBP Batam

id BP Batam,Batam,Badan Pengusahaan Batam,RSBP Batam,RSOB Batam,Rumah Sakit Batam,Rumah Sakit Otorita Batam,Rumah Sakit Badan Pengusahaan Batam,Syahril J

BP Batam vaksinasi dosis ketiga untuk nakes di RSBP Batam

Seorang nakes RSBP Batam sedang divaksin. Foto Antara/HO

Batam (ANTARA) - Vaksinasi booster atau vaksinasi dosis ketiga COVID-19 resmi dimulai untuk para tenaga kesehatan dan penunjang di lingkungan Rumah Sakit Badan Pengusahaan Batam, Selasa (10/8).

Vaksinasi dibuka langsung oleh Anggota Bidang Pengusahaan BP Batam, Syahril Japarin yang juga dihadiri oleh Direktur RSBP Batam, dr. Afdhalun A. Hakim, Wakil Direktur Keuangan dan Umum RSBP Batam, Andi Yunus dan para nakes di lingkungan RSBP Batam.

Dalam sambutannya, Anggota Bidang Pengusahaan BP Batam, Syahril Japarin mengapresiasi para nakes yang terus bekerja keras dalam merawat dan menyembuhkan pasien COVID-19.

Hal ini tentunya dibuktikan dengan menurunnya kasus pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 yang ditangani RSBP Batam, yaitu dari 60 pasien menjadi 21 pasien.

"Maka dari itu, dengan adanya vaksinasi dosis ketiga ini diharapkan mampu meningkatkan keyakinan nakes untuk memberikan pelayanan yang lebih prima kepada pasien. Demikian juga tingkat kepercayaan pasien akan semakin meningkat untuk berobat di RSBP," ucap Syahril.

Syahril juga mengungkapkan bahwa RSBP Batam telah dilengkapi dengan sarana berupa peralatan medis termutakhir untuk mendukung pelayanan medis.

Tentunya hal ini terwujud atas dukungan penuh dari Kepala BP Batam yang juga Walikota Batam, Muhammad Rudi yang secara progresif terus mendorong peningkatan RSBP Batam agar menjadi rumah sakit terlengkap dan terbaik di Provinsi Kepulauan Riau.

Maka dari itu, Syahril berharap dengan SDM yang sudah divaksin serta dengan alat yang lengkap RSBP Batam dapat memberikan pelayanan terbaik.

"Besar harapan kami agar RSBP Batam mampu memberikan pelayanan terbaik yang nantinya sejalan dengan pendapatan yang terus meningkat," harap Syahril.

Dirinya melanjutkan, meski saat ini pengelolaan RSBP Batam telah jauh lebih baik, ia menargetkan RSBP Batam mampu bersanding dengan RS ternama lainnya dalam hal pendapatan.

"Tentu dengan kerja keras seluruh jajaran RSBP Batam, mimpi besar kita dapat terwujud dan saya yakin itu," lanjut Syahril.

Sementara itu, untuk proses vaksinasi, Kepala Seksi Pengembangan Layanan Medik RSBP Batam, dr. Maisharah mengatakan, jenis vaksin yang diberikan untuk nakes kali ini adalah Moderna.

"Ada lebih dari 800 nakes yang akan divaksin dan vaksinasi ini akan berlangsung selama seminggu kedepan. Jadi per harinya kurang lebih ada 100 nakes yang divaksin," jelas Maisharah.

Saat disinggung mengenai keluhan atas vaksinasi COVID-19 dosis ketiga, dr. Maisharah mengatakan, belum ditemukan nakes yang mengalami keluhan berat pasca vaksinasi. 

"Hal ini dikarenakan proses vaksinasi jenis Sinovac yang telah dilaksanakan sebelumnya telah membentuk kekebalan pada tubuh para nakes," kata Maisharah.

Lantas, apakah ada tindakakan khusus yang dilakukan sebelum dan sesudah proses vaksinasi booster atau dosis ketiga?

Seperti vaksinasi pada umumnya, sebelum dimulai akan dilakukan proses skrining dengan mengukur suhu tubuh dan mengecek tekanan darah. Apabila lolos tahap skrining, maka akan dilanjutkan proses vaksinasi. Begitu juga setelah vaksin akan dilakukan pemantauan selama 15 menit.

“Yang membedakan adalah apakah nakes memiliki riwayat terkonfirmasi positif Covid-19. Karena kami masih memantau arahan dari Kementerian Kesehatan RI apakah bisa dilaksanakan vaksinasi tanpa harus menunggu 3 bulan. Jika memang nanti aman untuk kami vaksin dan kondisi nakes sudah stabil tanpa keluhan, akan kami jadwalkan vaksinasinya,” tutup Maisharah.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE