RSHS Bandung tangani 12 anak pasien gangguan ginjal akut

id rshs bandung,rumah sakit hasan sadikin,bandung,gangguan ginjal akut,gagal ginjal misterius,ginjal anak

RSHS Bandung tangani 12 anak pasien gangguan ginjal akut

Konsultan Nefrologi Anak RSHS Prof Dany Hilmanto (kanan) bersama Staf Divisi Nefrologi Dr Ahmedz Widiasta (kiri) saat konferensi pers di RSHS, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (19/10/2022). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Bandung (ANTARA) - Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menyatakan telah menangani 12 anak pasien pengidap gangguan ginjal akut sejak Agustus 2022.

Konsultan Nefrologi Anak RSHS Prof Dany Hilmanto mengatakan dari 12 anak itu, pasien yang berusia paling tinggi yakni 13 tahun. Sedangkan yang lain kebanyakan di bawah 6 tahun.

"Sampai hari ini ada total 12 orang, dan sekarang dalam perawatan ada tiga orang, ada di ICU satu orang, tapi yang satu orang lainnya sudah membaik, dan Insya Allah bisa pulang," kata Dany di RSHS Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Selama penanganan penyakit itu, pihaknya selalu berkoordinasi dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia guna mengetahui penyebab penyakit misterius itu.

Dalam penanganan pasien, pihaknya juga merujuk kepada pedoman yang diterbitkan Kementerian Kesehatan.

Pedoman itu, kata dia, memberikan alur penanganan secara jelas yang juga dipedomani dari fasilitas kesehatan tingkat puskesmas.

Ia mengingatkan, jika anak mengalami demam, batuk, atau pilek, selama 14 hari, maka dianjurkan untuk segera melakukan pemeriksaan medis.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: RSHS Bandung sebut sudah tangani 12 anak pasien gangguan ginjal akut

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE