Polisi dan BNN tes urine kru kapal mengantisipasi pemakaian narkoba

id Tes urine kru kapal,Arus mudik,Polda Kepri,BNN,Batam,Kepri

Polisi dan BNN tes urine kru kapal mengantisipasi pemakaian narkoba

Polisi dan BNN melakukan tes urine terhadap kru kapal di Pelabuhan Domestik Sekupang. (ANTARA/HO-Polairud Polda Kepri)

Batam (ANTARA) - Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Dipoairud) Polda Kepulauan Riau bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi Kepri melakukan tes urine terhadap 50 orang kru kapal di Pelabuhan Domestik Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Rabu.

Direktur Polairud Polda Kepri Komisaris Besar Polisi Boy Herlambang menyebutkan tes urine tersebut bertujuan mengecek pemakaian narkoba terhadap kru kapal sebagai upaya mengantisipasi kecelakaan laut saat angkutan Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Ada 50 orang yang dites urine di Pelabuhan Domestik Sekupang sebagai upaya mengantisipasi kecelakaan laut selama angkutan Idul Fitri 1444 Hijriah,” ujar Boy.

Baca juga: Pemudik rela antre berjam-jam demi dapat tiket kapal di pelabuhan Tanjungpinang

Dia mengatakan dari pemeriksaan terhadap 50 orang kru kapal tersebut, didapatkan hasil seluruhnya negatif dari narkoba.

"Pemeriksaan dilakukan sejak pukul 09.00 WIB dan hasil dari pemeriksaan 50 orang kru kapal tersebut negatif mengonsumsi narkoba," katanya.

Boy menjelaskan pemeriksaan itu dilakukan tidak hanya kepada kru kapal, tetapi juga sopir taksi, penumpang dan porter pelabuhan.

Baca juga: Simak kiat agar mudik Lebaran aman dari penjahat siber

"Pemeriksaan ini memastikan kelancaran arus mudik di Pelabuhan Domestik Sekupang karena pelabuhan ini menghubungkan lintas kabupaten, kota dan lintas provinsi antara Kepri dan Riau," katanya.

Dia juga mengimbau masyarakat pengguna jasa transportasi laut dan pengelola transportasi laut agar memperhatikan kondisi cuaca dan keselamatan berlayar. Operator kapal juga diminta melakukan pengecekan sebelum melakukan pelayaran.

"Kita mengimbau kepada pemilik kapal dan kapten kapal agar melakukan pengecekan alat keselamatan sebelum berlayar serta meng-update perkembangan cuaca yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Para penumpang juga kami minta agar tertib selama perjalanan karena keluarga menantikan di rumah," ucapnya.

Baca juga: Pemprov Kepri kerahkan 239 kapal hadapi lonjakan pemudik Lebaran

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE