Gempa magnitudo 5,3 guncang Laut Flores

id BMKG ,Gempa Laut Flores ,Gempa tektonik ,Tidak berpotensi tsunami

Gempa magnitudo 5,3 guncang Laut Flores

Tangkapan layar peta pusat gempa berlokasi di laut magnitudo 5,3 di Laut Flores, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Jumat (5/5/2023). (ANTARA/HO-BMKG)

Jakarta (ANTARA) - BMKG menyampaikan gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,3 mengguncang wilayah Laut Flores, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, pada Jumat pukul 18.44 WIB.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono di Jakarta, Jumat, mengatakan episenter gempa bumi tepatnya berlokasi di laut pada jarak 125 km arah barat daya Selayar, Sulawesi Selatan, pada kedalaman 586 km.

"Dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dalam disebabkan adanya deformasi batuan akibat mekanisme slab pull pada Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah Laut Flores," kata dia 

Ia menambahkan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun.

Ia mengemukakan, berdasarkan estimasi peta guncangan, gempa bumi ini menimbulkan guncangan di daerah Pasimasunggu, Kepulauan Selayar dengan skala intensitas II-III MMI (Modified Mercally Intensity), artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan truk berlalu.

Guncangan juga terasa di daerah Manggarai dan Manggarai Barat dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Hingga pukul 18.53 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan," kata dia.

Ia menambahkan, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Gempa magnitudo 5,3 guncang wilayah Laut Flores

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE