Tanggal lahir Jokowi sama dengan wafatnya Soekarno, begini kata Basarah

id Haul Bung Karno,Presiden Jokowi, wakil Ketua MPR, ahmad basarah,jokowi, tanggal lahir jokowi, mpr ri, ketua dpr,tanggal wafat bung karno

Tanggal lahir Jokowi sama dengan wafatnya Soekarno, begini kata Basarah

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah (kanan, kemeja putih) memberi keterangan kepada wartawan di Masjid At-Taufiq, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (21/6/2023). ANTARA/Putu Indah Savitri

Jakarta (ANTARA) - Tanggal lahir Presiden Joko Widodo (Jokowi) sama dengan tanggal wafatnya Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno pada 21 Juni 2023. Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah pun menyinggung kesamaan itu.

"Kelahiran Pak Jokowi pada tanggal wafatnya Bung Karno sama-sama tanggal 21 Juni, seakan-akan memberikan isyarat bahwa Pak Jokowi, seorang presiden yang mendapat amanah spiritual untuk melanjutkan kepemimpinan Bung Karno," kata Basarah dalam Haul Ke-53 Bung Karno di Jakarta, Rabu malam.

Dia berharap ke depan sosok Presiden kedelapan RI mendapat dukungan spiritual yang sama dalam memimpin bangsa ke depan.

"Mudah-mudahan Presiden RI kedelapan adalah bagian dari lanjutan amanah spiritual presiden-presiden kita sebelumnya,” kata Basarah.

Dalam kesempatan itu, Basarah menyebut sosok Bung Karno secara fisik memang telah meninggalkan dunia 53 tahun lalu. Namun, jasanya terhadap Indonesia tetap dikenang, termasuk pemikiran Presiden pertama RI yang terus diulas seluruh pihak.

Basarah menuturkan telah banyak ilmuwan sejarah maupun akademisi yang mengulang dan menulis buku-buku sejarah tentang Bung Karno.

Dia mencontohkan soal pemikiran Bung Karno yang tidak lekang waktu, seperti ditetapkannya pidato pria kelahiran Jawa Timur itu sebagai dokumen sejarah oleh UNESCO.

"Beberapa hari lampau, UNESCO lembaga di bawah PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa, red.), telah menetapkan Pidato Bung Karno yang sangat modernitas di depan Sidang PBB pada 31 Oktober 1960 telah ditetapkan sebagai dokumen sejarah. Dunia begitu mengagumi Bung Karno dan pemikiran Bung Karno,” kata Basarah.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Basarah soroti kesamaan tanggal lahir Jokowi dengan wafatnya Soekarno

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE