Satu orang relawan Ganjar-Mahfud meninggal, empat luka berat

id Todung Mulya Lubis,TPN Ganjar-Mahfud,Ganjar-Mahfud,Pemilu 2024,TNI,pilpres

Satu orang relawan Ganjar-Mahfud meninggal, empat luka berat

Direktur Hukum TPN Ganjar-Mahfud Todung Mulya Lubis di Djakarta Theater, Jakarta, Sabtu (30/12/2023) (ANTARA/Rio Feisal)

Jakarta (ANTARA) - Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Md, Todung Mulya Lubis melaporkan seorang relawan meninggal dunia dan empat orang lainnya mengalami luka berat akibat kekerasan dari oknum TNI pada Sabtu.

"Kami mendapatkan laporan dari Klaten dan Boyolali, ini laporan dan tindak kekerasan yang sangat tidak bisa diterima. Satu meninggal dunia dan empat orang mengalami luka-luka berat," kata Todung di Djakarta Teater, Jakarta, Sabtu.

Dia mengatakan satu orang meninggal dunia berasal dari Klaten dan meninggal di rumah sakit. "Yang meninggal dunia ini adalah relawan pendukung Ganjar-Mahfud yang diduga mengalami kekerasan dan brutalitas oleh oknum pasangan calon yang lain," ujarnya.

Sementara empat korban yang mengalami luka-luka ini akibat dianiaya oleh oknum TNI, di pos TNI setempat, sehingga pihaknya mendesak Panglima TNI untuk segera mengambil tindakan.

"Kalau itu benar kami ingin minta ke Panglima TNI untuk mengambil tindakan tegas dan mempertanggungjawabkan secara hukum mereka yang melakukan tindakan kekerasan ini," jelas Todung.

Baca juga:
Gibran kampanye "blusukan" ke Pasar Batu Cermin di Labuan Bajo

Anies minta pemerintah tegur pihak yang membatasi kegiatan kampanye


Menurutnya, hal tersebut tidak dapat dibenarkan, karena rakyat menginginkan pemilu yang damai, tertib, dan sesuai aturan. Dengan demikian, semua tindakan kekerasan yang dilakukan itu jelas melanggar hukum.

"Itu tidak bisa kita terima dan kita akan memproses ini secara hukum sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Brutalitas ini membahayakan, kekerasan ini membahayakan pemilu kita karena ini menimbulkan iklim ketakutan dan kita tidak boleh membiarkan ini," ucapnya.

Oleh karena itu, dia meminta agar semua kontestan di Pilpres 2024 dapat menghormati hukum dan aturan yang berlaku. Selain itu, Todung menegaskan pihaknya meminta investigasi lebih lanjut dari Kepolisian dan TNI.

"Kami ingin minta investigasi kepada Kepolisian dan TNI, karena kami sangat prihatin dan sangat sedih dan tidak bisa membayangkan. Apakah kita akan punya pemilu dan pilpres yang damai kalau keadaan semacam ini terus berlanjut apalagi bereskalasi? Jadi ini tidak bisa dibiarkan," pungkas Todung.

Sementara itu, Kepala Penerangan Kodam IV/ Diponegoro Kolonel Richard Harison di Semarang, Sabtu, membenarkan penyelidikan dan pendalaman terhadap peristiwa oleh oknum TNI di depan markas Kompi B Yonif Raider 408/Sbh di Kabupaten Boyolali.

Ia menyebut peristiwa tersebut diduga dipicu oleh kesalahpahaman antara sejumlah prajurit TNI dengan dua korban.

Baca juga:
Di hari ke-32 kampanye, Prabowo tak ambil cuti dan Gibran ke Kupang

Hari ke-32 kampanye Pilpres, AMIN masih berkampanye di Jawa Timur


Ia menjelaskan peristiwa itu bermula ketika sejumlah pengendara sepeda motor berknalpot bising melintas di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kabupaten Boyolali.

"Saat itu beberapa anggota TNI yang sedang bermain voli keluar gerbang untuk mencari tahu pengendara dengan knalpot bising tersebut," katanya.

Saat itu, lanjut dia, terdapat dua orang pengendara sepeda motor berknalpot bising sedang memainkan gas kendaraannya.

"Kemudian oleh anggota dihentikan dan ditegur, namun terjadi adu mulut sehingga terjadi penganiayaan," katanya.

Menurut dia, Pangdam IV/ Diponegoro sudah memerintahkan Danyonif Raider 408/Sbh dan Komandan Denpom IV/4 Surakarta untuk memroses hukum seluruh anggota yang terlibat sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Selain itu, kata dia, Pangdam juga memerintahkan untuk dilakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan terkait tentang pengobatan terhadap kedua korban.

"Komitmen pimpinan untuk mengambil langkah hukum sesuai prosedur yang berlaku," tambahnya.


Baca juga:
LSJ: Elektabilitas PDI Perjuangan turun digeser Partai Gerindra

Elektabilitas Prabowo-Gibran tinggi, LSJ prediksi Pilpres satu putaran

Hari ke-31 kampanye Pilpres 2024, Prabowo dan Gibran kembali ke kantor

Ganjar di Jakarta, Mahfud ke Jawa Timur di hari ke-31 kampanye



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: TPN Ganjar-Mahfud laporkan satu relawan meninggal-empat luka berat

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE