Polres Natuna gelar latihan pengendalian massa menjelang Pemilu 2024

id dalmas,kepri,natuna,polres natuna,pengamanan pemilu 2024,pemilu 2024

Polres Natuna gelar latihan pengendalian massa menjelang Pemilu 2024

Personel Polres Natuna saat melakukan latihan Dalmas. ANTARA/HO-Polres Natuna.

Natuna (ANTARA) -
Kepolisian Resor (Polres) Natuna, Kepulauan Riau menggelar latihan pengendalian massa (Dalmas), menjelang kontestasi Pemilu 2024.

Kapolres Natuna AKBP Nanang Budi Santosa di Natuna, Kamis mengatakan latihan itu merupakan bagian dari upaya kesiapsiagaan Polres Natuna dalam mengamankan jalannya Pemilu 2024.

Kata dia, pada latihan tersebut para personel diberikan berbagai pengetahuan dan keterampilan dalam mengendalikan massa pada Pemilu 2024.
 
Menurut dia, latihan dalmas perlu dilakukan pasalnya pelaksanaan pemilu kerap menimbulkan ketegangan dan berpotensi menyebabkan konflik yang bisa berakhir anarkis antara pendukung dan simpatisan peserta pemilu.
 
Adapun pengetahuan dan keterampilan yang diberikan antara lain, latihan tentang taktik dan strategi pengendalian massa yang aman dan proporsional saat situasi makin memanas, penangkapan dan pengamanan terhadap pelaku kejahatan atau yang melakukan tindakan anarkis.
 
"Selain itu, pelatihan ini juga akan mendalami aspek hukum dan etika dalam penanganan massa. Personel kepolisian akan diajarkan tentang hak asasi manusia, penggunaan kekuatan yang proporsional, dan bagaimana melakukan pengendalian massa tanpa melanggar hak-hak individu," ucap dia.
 
Ia mengungkapkan, latihan sudah dilakukan secara rutin guna mengasah dan meningkatkan kemampuan personel.
 
Ia berharap personel kepolisian Polres Natuna dapat menjadi lebih siap menghadapi segala kemungkinan yang terjadi selama masa kampanye dan pada hari pemungutan suara.
 
"Polres Natuna berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban serta memberi perlindungan optimal bagi masyarakat selama Pemilu 2024." ujar dia.

Baca juga:
Bapenda Batam targetkan PAD tahun 2024 capai Rp1,7 triliun

BPBD Natuna fokuskan anggaran tahun 2024 untuk kegiatan mitigasi bencana

KPU Kota Tanjungpinang tambah personel lipat surat suara

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE