4 provinsi diingatkan untuk siaga potensi banjir hingga 20 Juni 2024

id BMKG,peringatan dini,cuaca ekstrem,bencana banjir,tanah longsor

4 provinsi diingatkan untuk siaga potensi banjir hingga 20 Juni 2024

Ilustrasi - Petugas gabungan menggunakan perahu karet untuk mengevakuasi korban banjir di Muara Enim, Sumatera Selatan, Kamis (23/5/2024). ANTARA/HO-BNPB

Jakarta (ANTARA) - BMKG memperingatkan empat provinsi untuk siaga menghadapi potensi banjir yang dipicu oleh curah hujan berintensitas sedang-deras periode 11 hingga 20 Juni 2024.

Berdasarkan data Kedeputian Bidang Klimatologi BMKG yang diterima di Jakarta, Jumat, disebutkan keempat provinsi siaga potensi banjir akibat tingginya intensitas curah hujan tersebut, yaitu Sumatera Selatan, Maluku, Papua Tengah dan Papua Barat Daya.

Tim ahli klimatologi BMKG mengklasifikasikan potensi banjir di Sumatera Selatan dalam kategori rendah. Namun berdasarkan hasil analisa dasarian II yang berlangsung hingga 20 Juni hujan akan merata mencakup seluruh 17 kabupaten/kota, sehingga tetap diperingatkan untuk siaga.

Potensi tersebut diprakirakan BMKG akan melanda mulai dari Kabupaten Banyuasin, Empat Lawang, Lahat, Muara Enim, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Selatan, Ogan Komering Ulu Timur, Penukal Abab Lematang Ilir, hingga kota Pagar Alam, Lubuk Linggau, dan Palembang.

Sebelumnya, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menjelaskan potensi dampak bencana akibat hujan di sejumlah wilayah Indonesia yang masih tinggi bisa saja terjadi, meskipun sebenarnya sudah mulai memasuki musim kemarau.

Menurut dia potensi peningkatan hujan dipicu oleh adanya beberapa dinamika atmosfer yang masih aktif berada di wilayah Indonesia, yakni fenomena Madden Julian Oscillation, gelombang ekuatorial Rossby Kelvin, hingga pola sirkulasi siklonik dan potensi pembentukan daerah belokan dan perlambatan angin.
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG ingatkan empat provinsi siaga potensi banjir hingga 20 Juni 2024

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE