BMKG ingatkan potensi hujan disertai kilat dan angin di Kepri

id Cuaca kepri, cuaca kepulauan riau, cuaca jumat, prakiraan cuaca kepri, bmkg

BMKG ingatkan potensi hujan disertai kilat dan angin di Kepri

Kantor Bakamla RI Zona Barat. (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Batam (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam mengingatkan masyarakat untuk waspada potensi hujan disertai kilat dan angin kencang di wilayah Kepulauan Riau, Jumat.
 
"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pagi dan siang hari di sebagian wilayah Kepulauan Riau," kata Prakirawan Fitri Annisa.
 
Dia menyebut konvergensi massa udara di sekitar wilayah Kepulauan Riau mendukung potensi pertumbuhan awan-awan hujan. 
 
"Secara umum kondisi cuaca hari ini di wilayah Kepulauan Riau diprakirakan berawan dan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada pagi dan siang hari di hampir seluruh wilayah Kepulauan Riau," katanya.
 
Berikut prakiraan cuaca di 7 kota/kabupaten wilayah Kepri.
 
Kondisi cuaca di Kota Batam pada pagi harinya diprakirakan hujan disertai kilat, siangnya hujan ringan, malam dan dini hari berawan.
 
Untuk suhu udara berkisar antara 25-31 derajat celcius dan arah mata angin datang dari Selatan dengan kecepatan 1-7 Km/jam.
 
Selanjutnya Kota Tanjungpinang paginya diprakirakan hujan disertai kilat, siang hujan ringan, malam berawan, dini hari berkabut.
 
Suhu udara yang mempengaruhi berkisar antara 25-31 derajat celcius dan arah mata angin datang dari Barat Daya dengan kecepatan 1-16 Km/jam.
 
Kabupaten Bintan pagi diperkirakan hujan disertai kilat, siang hari hujan ringan, malamnya cerah berawan, dini harinya berawan. Suhu udara berkisar antara 24-31 derajat celcius dengan arah angin datang dari Barat Daya berkecepatan 1-14 Km/jam.
 
Lalu Kabupaten Karimun paginya hujan disertai kilat, siangnya berawan, malamnya hujan disertai kilat dan dini hari hujan ringan. Suhu udara berkisar antara 24-31 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 4-9 Km/jam.
 
Kabupaten Lingga pagi dan siangnya hujan ringan, malamnya berawan, dan dini hari diprediksi hujan disertai kilat. Suhu udara berkisar antara 25-31 derajat celcius. Arah angin dari Barat Daya dengan kecepatan 2-12 km/jam.
 
Berikutnya Kabupaten Natuna pagi, siang dan malam hujan ringan, dini harinya berawan. Suhu udara diperkirakan 25-32 derajat celcius, dengan arah angin dari Barat Daya kecepatan 2-15 Km/jam.
 
Kabupaten Anambas pagi dan siangnya hujan ringan, malam dan dini harinya berawan. Suhu udara berkisar antara 25-31 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Barat dengan kecepatan 2-13 km/jam.
 
Untuk ketinggian gelombang di Kota Batam, Tanjungpinang/Bintan, Lingga, Natuna serta Anambas kategori rendah, yakni berkisar antara 0,5-1,25 meter, sedangkan Karimun berkategori tenang (0,1-0,5 meter).
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE