BMKG sebut wilayah Kepri masih berpotensi hujan

id Prakiraan cuaca kepri, cuaca kepri selasa, cuaca hari selasa, kepri diprediksi hujan, bmkg

BMKG sebut wilayah Kepri masih berpotensi hujan

Kantor Bakamla RI Zona Barat. (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Batam (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam menyebut secara umum kondisi cuaca hari Selasa di wilayah Kepulauan Riau diprakirakan berawan dan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada pagi dan siang hari di wilayah Natuna dan Anambas. 
 
Menurut Prakirawan Nizam Mawardi, kondisi ini dipengaruhi adanya pola angin siklonik di wilayah utara Kepulauan Riau menyebabkan perlambatan kecepatan angin dan mendukung potensi pertumbuhan awan-awan hujan di sekitar wilayah Kepri.
 
Untuk itu BMKG mengingatkan masyarakat Kepri mewaspadai potensi hujan disertai kilat dan angin kencang yang mungkin terjadi di wilayah Natuna dan Anambas
 
"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang hari di wilayah Kabupaten Natuna dan Anambas," kata Nizam.
 
Berikut prakiraan cuaca di 7 kota/kabupaten wilayah Kepri.
 
Kondisi cuaca di Kota Batam diprakirakan sepanjang harinya berawan. Suhu udara berkisar antara 25-31 derajat celcius dan arah mata angin datang dari Selatan dengan kecepatan 6-15 Km/jam.
 
Selanjutnya Kota Tanjungpinang diprakirakan pagi, siang dan malamnya berawan, dini hari berpotensi hujan ringan.
 
Suhu udara yang mempengaruhi berkisar antara 24-31 derajat celcius dan arah mata angin datang dari Timur dengan kecepatan 6-16 Km/jam.
 
Kemudian Kabupaten Bintan juga sama dengan Tanjungpinang, pagi, siang hingga malam berawan, dini hari hujan ringan. Suhu udara berkisar antara 24-31 derajat celcius dengan arah angin datang dari Barat Daya berkecepatan 5-12 Km/jam.
 
Lalu Kabupaten Karimun paginya hujan ringan, siang, hingga dini harinya berawan. Suhu udara berkisar antara 25-31 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Timur dengan kecepatan 3-18 Km/jam.
 
Kabupaten Lingga sepanjang hari diprakirakan berawan. Suhu udara berkisar antara 25-30 derajat celcius. Arah angin dari Tenggara dengan kecepatan 13-22 km/jam.
 
Berikutnya Kabupaten Natuna pagi dan siangnya hujan ringan, malamnya berawan, dini hari hujan ringan. Suhu udara diperkirakan 25-30 derajat celcius, dengan arah angin dari Selatan kecepatan 3-15 Km/jam.
 
Kabupaten Anambas pagi dan siang hujan ringan, malamnya cerah berawan, dini hari hujan ringan. Suhu udara berkisar antara 25-30 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 7-16 km/jam.
 
Untuk ketinggian gelombang di seluruh wilayah Kepri hari ini masuk kategori rendah, yakni berkisar antara 0,5-1,25 meter.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE