BMKG: Cuaca Kepri diprakirakan berawan dan berpotensi hujan

id Cuaca kepri kamis, cuaca hari kamis, prakiraan cuaca kepri, bmkg batam

BMKG: Cuaca Kepri diprakirakan berawan dan berpotensi hujan

Perkampungan nelayan di Pulau Kasu, Kota Batam, Kepulauan Riau. (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Batam (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam memprakirakan cuaca wilayah Kepulauan Riau (Kepri) pada hari Kamis, secara umum berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.
 
Prakirawan Anisa S mengatakan adanya suatu pola angin siklonik yang terjadi di wilayah utara Kepulauan Riau menyebabkan konvergensi massa udara di sekitar Kepulauan Riau sehingga cukup berkontribusi pada peningkatan curah hujan. 
 
"Secara umum kondisi cuaca esok hari di wilayah Kepulauan Riau diprakirakan berawan dan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada pagi, siang, dan dini hari," kata Anisa.
 
BMKG juga mengimbau masyarakat di wilayah Natuna dan Anambas waspada adanya potensi hujan disertai angin kencang.
 
"Waspada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Natuna dan Kabupaten Anambas," katanya.
 
Berikut prakiraan cuaca di 7 kota/kabupaten wilayah Kepri.
 
Kondisi cuaca di Kota Batam diprakirakan pagi hari dan siang hari hujan ringan, malam dan dini hari berawan. Suhu udara berkisar antara 25-31 derajat celcius dan arah angin datang dari Selatan dengan kecepatan 2-11 Km/jam.
 
Selanjutnya Kota Tanjungpinang diprakirakan pagi dan siang hujan ringan, malamnya cerah berawan, dini harinya berawan. Suhu udara yang mempengaruhi berkisar antara 24-31 derajat celcius dan arah mata angin datang dari Selatan dengan kecepatan 2-11 Km/jam.
 
Kemudian Kabupaten Bintan pagi dan siangnya hujan ringan, malamnya cerah berawan, dini hari berawan. Suhu udara berkisar antara 25-31 derajat celcius dengan arah angin datang dari Selatan berkecepatan 1-9 Km/jam.
 
Lalu Kabupaten Karimun pagi dan siangnya hujan ringan, malam dan dini hari berawan. Suhu udara berkisar antara 25-31 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 2-12 Km/jam.
 
Kabupaten Lingga pagi hari diprakirakan hujan ringan, siang hingga dini hari berawan. Suhu udara berkisar antara 25-32 derajat celcius. Arah angin dari Timur dengan kecepatan 8-11 km/jam.
 
Berikutnya Kabupaten Natuna pagi dan siang hari diprakirakan hujan ringan, malamnya berawan, dini hari hujan ringan. Suhu udara diperkirakan 24-31 derajat celcius, dengan arah angin dari Timur kecepatan 3-7 Km/jam.
 
Kabupaten Anambas sepanjang hari diprakirakan hujan ringan. Suhu udara berkisar antara 25-31 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Barat Daya dengan kecepatan 5-12 km/jam.
 
Untuk ketinggian gelombang perairan di wilayah Kepri kategori rendah, yakni berkisar antara 0,5-1,25 meter.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE