BMKG imbau warga waspada potensi hujan di Kepri hari ini

id Prakiraan cuaca kepri, cuaca hari selasa, cuaca kepri selasa, bmkg

BMKG imbau warga waspada potensi hujan di Kepri hari ini

Satbinmas Polres Lingga menempelkan pengumuman tentang prakiraan cuaca di atas mobil operasional. (Antaranews Kepri/Nurjali) (Antaranews Kepri/Nurjali/)

Batam (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam mengimbau masyarakat Kepulauan Riau (Kepri) untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat pada Selasa pagi dan siang hari.
 
"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pagi hingga siang hari di sebagian besar wilayah Kepulauan Riau," kata Prakirawan Addini.
 
Dia menjelaskan adanya belokan angin (shearline) di sekitar wilayah Kepulauan Riau yang mendukung pertumbuhan awan-awan hujan. 
 
"Secara umum kondisi cuaca hari Selasa di wilayah Kepulauan Riau diprakirakan berawan dan masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada pagi dan siang hari," katanya.
 
Selain potensi hujan lebat, BMKG juga mengimbau masyarakat di perairan Anambas dan Natuna mewaspadai tinggi gelombang.
 
"Waspada potensi gelombang laut kategori gelombang sedang di wilayah perairan Anambas dan Natuna," kata Addini.
 
Berikut prakiraan cuaca di 7 kota/kabupaten wilayah Kepri.
 
Kondisi cuaca di Kota Batam diprakirakan pagi hari hujan disertai kilat, siangnya hujan ringan, malam dan dini hari berawan. Suhu udara berkisar antara 25-31 derajat celcius dan angin datang dari arah Selatan dengan kecepatan 2-20 Km/jam.
 
Selanjutnya Kota Tanjungpinang diprakirakan pagi hujan disertai kilat, siang hari hujan ringan, malamnya dan dini hari berawan. Suhu udara yang mempengaruhi berkisar antara 24-31 derajat celcius dan angin datang dari Selatan dengan kecepatan 3-19 Km/jam.
 
Kemudian Kabupaten Bintan tak jauh berbeda dengan Tanjungpinang, pagi hujan disertai kilat, siang hujan ringan, malam dan dini hari berawan. Suhu udara berkisar antara 24-31 derajat celcius dengan angin datang dari arah Selatan berkecepatan 3-18 Km/jam.
 
Lalu Kabupaten Karimun pagi hujan disertai kilat, siang berawan, malam hujan ringan dan dini hari berawan. Suhu udara berkisar antara 25-30 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 3-18 Km/jam.
 
Kabupaten Lingga paginya hujan disertai kilat, siang hingga dini hari berawan. Suhu udara berkisar antara 26-31 derajat celcius. Arah angin dari Timur dengan kecepatan 6-19 km/jam.
 
Berikutnya Kabupaten Natuna paginya hujan ringan, siang hari hujan disertai kilat, malam dan dini hari berawan. Suhu udara diperkirakan 24-31 derajat celcius, dengan angin dari arah Barat Daya dengan kecepatan 3-22 Km/jam.
 
Kabupaten Anambas paginya berawan, siangnya ada petir, malam dan dini hari berawan. Suhu udara berkisar antara 25-31 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 7-17 km/jam.
 
Untuk ketinggian gelombang perairan di wilayah Batam, Tanjungpinang, Bintan, Karimun dan Lingga kategori rendah (0,5-1,25 meter), sedangkan Natuna dan Anambas kategori sedang berkisar antara 1,25-2,50 meter.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE