Pemkot Batam ajak masyarakat pesisir kembangkan pariwisata

id wali kota batam,muhammad rudi,pariwisata

Wali Kota Batam Muhammad Rudi (Antaranews Kepri/Danna Tampi)

Batam (Antaranews Kepri) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau mengajak warga pesisir yang tinggal di pulau-pulau penyangga mengembangkan pariwisata demi meningkatkan perekonomian masyarakat.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi di Batam, Jumat, menyatakan potensi pariwisata di pulau-pulau penyangga yang besar harus dimanfaatkan warga, supaya peluang itu tidak diambil orang dari luar daerah setempat.

"Karena orang kalau sudah hidup mapan, tidak akan cari liburan yang mewah. Orang luar negeri itu akan berbalik hidupnya pada yang sederhana," kata dia.

Menurut dia, banyak yang dapat masyarakat lakukan untuk menarik datangnya wisatawan, di antaranya menyiapkan penginapan layak yang bersih.

Penginapan, kata dia, tidak perlu berbentuk hotel mewah, melainkan hanya dengan rumah tinggal sederhana, seperti yang dilakukan warga di daerah Indonesia bagian timur yang sudah lebih dahulu mengembangkan wisata.

Ia mengatakan pelancong, utamanya yang berasal dari luar negeri, lebih menyukai penginapan yang natural dan sederhana, asalkan nyaman.

"Rumah siapkan seperti ini. Tapi siapkan satu kamar untuk wisatawan. Jadi orang pulau jangan tinggal diam," kata dia.

Masyarakat juga harus memanfaatkan berbagai pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah di pulau, seperti pembangunan jalan dan fasilitas air bersih.

Selain untuk dinikmati masyarakat, berbagai pembangunan itu juga untuk memanjakan wisatawan.

Ia mengatakan bila wisman datang maka perekonomian masyarakat akan berputar lebih baik.

Masyarakat, katanya, dapat memperoleh penghasilan dari berjualan makanan, penganan juadah, oleh-oleh, dan menyiapkan transportasi.
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar