Pemerintah siapkan berbagai agenda pariwisata akhir tahun

id agenda,pariwisata,budaya,batam,wisatawan,mancanegara

Kegiatan ini diperkirakan akan mendatangkan wisman khususnya dari India sebanyak sekitar 500 orang
Batam (Antaranews Kepri) - Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, menyiapkan berbagai agenda pariwisata dan budaya di daerah setempat pada akhir tahun 2018, untuk menggaet kunjungan wisatawan mancanegara.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata di Batam, Selasa, mengatakan pemkot akan menggelar Kenduri Seni Melayu di awal November. Kenduri Akhir Tahun saat malam pergantian tahun 2019, Festival Tari Agogo, tari 60-an yang khas dari melayu serumpun.

"Kementerian Pariwisata mengadakan beberapa `event cross border` di akhir tahun nanti. Seperti di awal Desember akan diadakan konser musik. Lalu pertemuan Marga Huang juga digelar di Batam. Dan akan ada turnamen Pinky Golf," kata dia.

Selain pemerintah, pihak swasta dan masyarakat juga menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk menarik kunjungan pelancong dalam dan luar negeri.

Ardi mengatakan pada Desember 2018, Keluarga Hindu India di Batam merancang kegiatan Heaven in Batam dan Sri Lalitha Festival and Awards.

Acara itu diisi berbagai pertunjukan budaya, serta lomba olahraga khas, seperti kompetisi tarian tradisional India, turnamen kriket, badminton, dan golf.

"Kegiatan ini diperkirakan akan mendatangkan wisman khususnya dari India sebanyak sekitar 500 orang," kata dia.

Dengan banyaknya agenda pariwisata di akhir tahun, Ardi mengatakan optimistis Batam mampu mendatangkan 2 juta wisman sepanjang 2018.

"Jumlah wisman hingga Agustus lalu sudah 1.203.527 kunjungan. Sesuai tren, kunjungan wisman itu di akhir tahun lebih banyak. Biasa di tiga bulan terakhir tinggi. Kadang dari Agustus juga sudah ramai. Karena ada libur nasional dan pergantian tahun," kata dia.

Senada dengan Ardi, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi juga menyatakan optimistis kotanya akan dikunjungi 2 juta wisman pada tahun ini.

"Pada semester I, wisman ke Batam sudah mencapai 1,044 juta kunjungan. Kalau angka yang sama bisa kita raih di semester II, artinya kunjungan wisman di 2018 ini capai 2,088 juta," katanya.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE