Pemkot Tanjungpinang fokus gali destinasi wisata pulau

id Wisata pulau

Pemkot Tanjungpinang fokus gali destinasi wisata pulau

Pulau Terkulai di Kota Tanjungpinang, Kepri, menjadi salah satu pulau yang berpotensi dikembangkan menjadi destinasi pariwisata (Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Dinas  Pariwisata  Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau fokus menggali potensi pulau-pulau yang ada di wilayah sekitar untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata.

Pulau-pulau tersebut seperti Pulau Penyengat, Pulau Los, Pulau Basing, Pulau Terkulai, Pulau Sekatap, Pulau Paku, Pulau Dompak dan Pulau Bayan, kata Kepala Dispar Tanjungpinang, Surjadi, Rabu.

"Saya optimistis masing-masing pulau tersebut memiliki daya tarik yang jika dikembangkan akan mampu menarik wisatawan untuk berkunjung,  Pulau Terkulai misalnya," ucap Surjadi di Tanjungpinang, Rabu.

Pulau yang berjarak sekitar satu jam perjalanan menggunakan perahu bermotor dari Tanjungpinang ini memiliki pantai pasir putih yang bersih, dan menara suar setinggi 45 meter.

"Menurut nelayan yang sering melintas, di pulau ini terdapat terumbu karang yang bisa dijadikan sebagai spot snorkeling," ungkapnya.

Untuk mengembangkan pulau-pulau di sekitar Tanjungpinang sebagai destinasi pariwisata, kata dia, Minggu (31/6) kemarin pihaknya telah melakukan survei di sejumlah pulau tersebut.

Survei ini akan dijadikan dasar dalam pengembangan pariwisata ke depan.

"Kami perlu mengetahui pasti untuk menentukan program yang dapat menunjang pulau-pulau itu menjadi destinasi pariwisata," katanya.

Program dimaksud di antaranya adalah menentukan pembangunan di pulau-pulau tersebut. Mulai dari memprogramkan pembangunan fasilitas, termasuk menentukan program yang melibatkan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang ada di Tanjungpinang.

"Kami yakin kedepan pariwisata Tanjungpinang akan lebih berkembang," katanya.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE