KPU Kepri jamin kerahasiaan pertanyaan panelis debat

id KPU Kepri,jamin kerahasiaan pertanyaan panelis debat

KPU Kepri jamin kerahasiaan pertanyaan panelis debat

Ketua KPU Kepri Sriwati (Nikolas Panama)

Tanjungpinang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau menjamin kerahasiaan seluruh pertanyaan yang diajukan panelis dalam debat terbuka kandidat pilkada 2020.

Ketua KPU Kepri Sriwati, di Tanjungpinang, Minggu, mengatakan, seluruh pertanyaan yang diajukan panelis diserahkan pada saat debat dilaksanakan sehingga tidak ada orang yang mengetahuinya, kecuali panelis iti sendiri.

"Bahkan kami pun tidak mengetahui apa pernyataan yang diajukan panelis di dalam debat. Itu lebih baik untuk menciptakan debat yang adil dan profesional," ujarnya.

Menurut dia, pertanyaan yang diajukan panelis kepada tiga pasang calon gubernur dan wakil gubernur perlu dilakukan sehingga masyarakat mengetahui kemampuan dari masing-masing kandidat.

"Kami harapkan dukungan seluruh pihak agar debat terbuka berjalan lancar," katanya.

Sriwati enggan membeberkan nama-nama panelis dalam denat tersebut. Hal itu dilakukan untuk menjaga panelis agar tidak ada yang mengintervensi oleh pihak manapun saat menjalankan tugas pada 20 November 2020.

"Mudah-mudahan debat berjalan lancar di Batam pada 20 November 2020. Debat hanya sekali dilaksanakan, disiarkan langsung di TVRI," ucapnya.

Saat ini, kata dia tiga dari lima anggota KPU Kepri tertular COVID-19. Anggota KPU Kepri yang tertular COVID-19 yakni Arison, Priyo Handoko dan Parlindungan Sihombing.

Karena itu, debat terbuka pilkada yang sebelumnya direncanakan tiga kali, terpaksa hanya satu kali dilaksanakan.

"Kami berharap seluruh anggota KPU Kepri dan staf segera sembuh, dan kembali bekerja," tuturnya.

 
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar