HUT Ke-19 Kepri momentum bangkit dari pandemi COVID-19

id Bangkit dari pandemi

HUT Ke-19 Kepri momentum bangkit dari pandemi COVID-19

Gubernur Ansar Ahmad menyampaikan sambutan pada Sidang Paripurna HUT ke-19 Kepri di kantor DPRD, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Jumat (24/9). (Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad mengatakan HUT Ke-19 Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menjadi momentum bangkit dari pandemi COVID-19 yang masih berlangsung sampai saat ini.

Ansar di Tanjungpinang, Jumat, menyampaikan perjalanan 19 tahun Kepri sebagai provinsi ke 32 di Indonesia, sudah membuahkan berbagai pembangunan dengan tujuan menjadikan daerah ini makmur, sejahtera, berdaya saing dan berbudaya.

Namun di tahun kedua menghadapi COVID-19, katanya, pola pembangunan harus dilakukan secara beriringan dengan penanganan virus tersebut.

"Pembangunan tetap dimaksimalkan, tapi berafiliasi dengan kebijakan pemerintah di tengah COVID-19," kata Ansar saat menyampaikan sambutan pada Sidang Paripurna HUT ke-19 Kepri di Kantor DPRD, Pulau Dompak, Tanjungpinang.

Ansar menyebut peringatan Hari Jadi Kepri 24 September 2021 ini mengambil tema "Kepri Sehat, Kepri Maju, Kepri Pulih dan Ekonomi Bangkit".

Dia menekankan bahwa fokus Pemprov Kepri saat ini ialah meningkatkan pembangunan, percepatan penanganan COVID-19 dan vaksinasi, pemulihan ekonomi, peningkatan aktivitas dunia usaha hingga mewujudkam proyek-proyek strategis.

Khusus penanganan COVID-19, lanjutnya, pemprov bersama bersama pemangku kepentingan terkait telah berupaya mengurangi jumlah terkonfirmasi. Demikian pula dengan program vaksinasi, terus digesa supaya mencapai target 100 persen pada akhir Oktober 2021. Saat ini capaian vaksinasi sudah di angka 78 persen atau melebihi target nasional.

Menurut Ansar upaya-upaya tersebut terbukti mampu menekan jumlah penyebaran kasus COVID-19 di Bumi Segantang Lada itu.

Kepri yang tadinya berstatus darurat COVID-19 perlahan turun ke level empat hingga kini bertahan di level tiga. Dalam waktu dekat ditargetkan turun lagi ke level dua atau satu.

"Dengan penurunan ini, kita tak boleh terlena. Masyarakat tetap harus berpartisipasi menekan penyebaran COVID-19 dengan menerapkan prokes ketat," uja

Di bidang pemulihan ekonomi pada masa pandemi ini, menurutnya, secara makro dilakukan dengan beberapa langkah. Antara lain meningkatkan aktivitas usaha dengan memberikan bantuan stimulus UMKM, keringanan pajak, peningkatan investasi dan ekspor melaluai kawasan ekonomi khusus (KEK).

Pemprov juga berupaya maksimal mewujudkan pembangunan proyek strategis dan infrastruktur di saat pandemi, demi pemerataan pembangunan di wilayah kabupatan/kota. Seperti membangun jalan, jembatan, listrik perumahan, air bersih dan telekomunikasi.

Selain itu, Politisi Golkar itu pun mengklaim perekonomian Kepri saat ini berangsur pulih. Pada triwulan II 2021 ekonomi tumbuh positif 6,9 persen (year on year).

Pertumbuhan ekonomi itu tentu harus mampu memberikan efek domino bagi perekonomian warga secara luas. Indeks pembangunan manusia (IPM) dan bidang kesehatan pun diklaim menunjukkan hasil yang lebih baik.

"Harapan kita semua tentu sama. Bagaimana Kepri ini makin maju dan masyarakatnya sejahtera," demikian Ansar.
 
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE