Gubernur: Pembukaan kembali pelabuhan di Singapura berdampak positif bagi Kepri

id Pelabuhan singapura dibuka,Kepri,wisman,gubernur,ansar

Gubernur: Pembukaan kembali pelabuhan di Singapura berdampak positif bagi Kepri

Kapal feri rute Singapura-Batam meninggalkan kawasan Harbourfront, Singapura. ANTARA/Joko Sulistyo

Kami mendorong dibukanya Pelabuhan HarbourFront Singapura guna menambahkan pintu keluar-masuk dari negara Singapura ke wilayah Kepri, sehingga dapat menggairahkan wisatawan dengan berbagai alternatif tujuan kunjungan
Tanjungpinang (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad berharap pembukaan kembali pelabuhan utama Singapura, yakni HarbourFront berdampak positif terhadap kunjungan wisman ke wilayah itu. HarbourFront mulai beroperasi Rabu (15/6/2022).

"Harapannya, ini dapat makin meningkatkan jumlah kunjungan wisman ke Kepri," kata Gubernur Ansar di Tanjungpinang, Riau, Selasa.

Ansar pun mengapresiasi pemerintah pusat karena telah melobi Pemerintah Singapura agar membuka Pelabuhan HarbourFront.

Sebelumnya, kata dia, Pemprov Kepri telah menyurati Kepala BNPB RI selaku Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mengenai penyampaian usulan dalam rangka meningkatkan kunjungan wisman di Kepri. Surat tertanggal 23 Mei 2022 itu berisi usulan upaya-upaya strategis guna meningkatkan kunjungan wisman, khususnya yang berasal dari Singapura dan Malaysia.

"Kami mendorong dibukanya Pelabuhan HarbourFront Singapura guna menambahkan pintu keluar-masuk dari negara Singapura ke wilayah Kepri, sehingga dapat menggairahkan wisatawan dengan berbagai alternatif tujuan kunjungan," ujar Ansar.

Setelah dua tahun terakhir sejak pandemi COVID-19 melanda, Pelabuhan HarbourFront memang ditutup untuk akses masuk dari luar Singapura.

Namun, kini pemerintah setempat memutuskan membuka pelabuhan tersebut di samping Tanah Merah Ferry Terminal yang lebih dahulu dioperasikan kembali.

Gubernur bersyukur karena usulannya ke pemerintah pusat membuahkan hasil. Menurutnya, pembukaan kembali HarbourFront akan semakin meningkatkan antusiasme wisman asal Singapura untuk berlibur ke Kepri sebagai bagian upaya pemulihan ekonomi.

"Dibukanya kembali HarbourFront menjadikannya sebagai alternatif titik keberangkatan wisman ke Kepri, sehingga wisman yang akan berangkat tidak hanya terfokus di Tanah Merah saja," sebutnya.

Sementara, dibukanya kembali Pelabuhan HarbourFront juga dikonfirmasi oleh operator kapal cepat Singapura, Majestic Fast Ferry dalam pengumuman di laman resminya majesticfastferry.com.sg, yang mengumumkan akan membuka kembali counter HarbourFront Centre mulai 15 Juni 2022, dengan sembilan perjalanan pulang pergi setiap hari antara pukul 08.10 pagi hingga 09.20 malam.
Pewarta :
Editor: Nikolas Panama
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE