Ribuan warga hadiri penutupan Rang Solok Baralek Gadang

id Ribuan masyarakat, berita solok, berita sumbar, saksikan penutupan, Rang Solok, Baralek Gadang

Ribuan warga hadiri penutupan Rang Solok Baralek Gadang

Sejumlah peserta pawai budaya memberikan penampilan terbaik saat Rang Solok Baralek Gadang di Kota Solokm Sumbar, Ahad (25/9/2022) (FOTO ANTARA/Laila Syafarud)

Solok, Sumbar (ANTARA) - Ribuan warga menghadiri dan menyaksikan rangkaian acara pawai budaya serta penutupan Rang Solok Baralek Gadang (RSBG) yang digelar Pemerintah Kota Solok Sumatera Barat

Ketua Panitia Rang Solok Baralek Gadang, Jefrizal di Solok, Ahad mengatakan rangkaian acara Rang Solok Baralek Gadang ditutup dengan beragam pertunjukan berupa pawai budaya, makan baronjin, dan penampilan seni tari.

Sejak hari pertama rangkaian acara rang Solok Baralek Gadang hingga penutupan, pengunjung yang hadir selalu ramai bahkan mencapai sekitar 5.000 orang setiap harinya.

"Itu berarti selama empat hari berturut-turut ini jumlah pengunjung mencapai puluhan ribu orang dalam menyaksikan rangkaian acara Rang Solok Baralek Gadang," kata dia.

Rangkaian acara dalam Rang Solok Baralek Gadang di antaranya gowes wisata RSBG, permainan anak nagari basilumuh, batuang gilo, urang-urang sawah, workshop layang-layang internasional, festival silek, pasa kopi, dan pergelaran seni lainnya.

Jefrizal berharap rangkaian acara Rang Solok Baralek Gadang ini dapat dikembangkan ke depannya sebagai upaya mengenalkan kearifan lokal daerah setempat dan membangkitkan geliat ekonomi masyarakat yang selama ini terdampak akibat pandemi COVID-19.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok Elvi Basri mengatakan kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan  festival layang-layang yang dihadiri peserta dari luar negeri seperti dari Polandia, Swedia, Jepang, Singapura, dan Malaysia.

"Beberapa daerah provinsi lainnya juga turut memeriahkan festival layang-layang, yakni dari Bogor, Kalimantan, Jakarta Jawa Barat, dan daerah tetangga dari Jambi dan Riau," kata dia.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Rang Solok Baralek Gadang di Solok ditutup, ribuan warga hadir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE