Pelabuhan Feri Internasional Berakit Mulai Dibangun

id pelabuhan, feriu, internasional, berakit, bintan, kepulauan riau

Pelabuhan Feri Internasional Berakit Mulai Dibangun

Ilustrasi: Pelabuhan penumpang antarpulau di Sekupang, Batam. (Foto. kepri.antaranews.com/Jo)

Tanjungpinang (ANTARA News) - Pembangunan pelabuhan kapal feri internasional di Desa Berakit, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau mulai dikerjakan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bintan, Yandrisyah yang dihubungi Kamis mengatakan, pelabuhan untuk  wisatawan asal Malaysia dan Singapura itu  sudah mpada tahap pembangunan fondasi dermaga induk.

"Lahan seluas tiga hektare sudah dilbesihkan dan fisik dermaga sedangh berjalan. Diharapkan pada 2012 pelabuhan sudah bisa digunakan," ujarnya.

Selain dermaga, dibangun pula kantor pelabuhan dan infrastruktur pendukung yang diperkirakan selesai dalam enam bulan ke depan.

"Pada 2011 pekerjaan diharapkan hanya menyelesaikan pendalaman alur, Parkir, pembangunan pagar dan pembentukan taman," katanya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Bintan, Ansar Ahmad, menyebutkan anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan pelabuhan ferry untuk menunjang transportasi laut bagi wisatawan dari Malaysia dan Singapura tersebut, membutuhkan anggaran sebesar Rp21 miliar yang akan dibiayai oleh APBN.

"Pembangunan tahap awal ini sudah dianggarkan Rp10 miliar dari APBN, sedangkan APBD hanya untuk pembebasan lahan," ujar Ansar.

 Ansar berharap pemerintah pusat menganggarkan lagi pada 2011 untuk pembangunan pelabuhan tersebut, agar pelayaran perdana bisa dilaksanakan pada akhir 2011.

Dia menyatakan, Pelabuhan Feri Internasional Berakit diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar yang berada di sepanjang Pantai Trikora tersebut.

"Tidak hanya peningkatan perekonomian masyarakat yang diharapkan, juga investor menjadi mudah masuk ke Bintan," harapnya. (Bt,1)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE