Kantor Pos Ranai Natuna sudah salurkan subsidi upah kepada 458 pekerja

id BSU Natuna,penyaluran BSU,bantuan subsidi upah

Kantor Pos Ranai Natuna sudah salurkan subsidi upah kepada 458 pekerja

Kepala Kantor Pos Cabang Pembantu Ranai Usman (kiri) melayani pekerja yang hendak mengambil bantuan subsidi upah dari pemerintah di Kantor Pos Cabang Pembantu Ranai, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Jumat (4/11/2022). (ANTARA/Cherman)

Natuna (ANTARA) - Kantor Pos Cabang Pembantu Ranai di Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, sudah menyalurkan bantuan subsidi upah dari pemerintah kepada 458 pekerja.

"Setelah tiga hari penyaluran dilaksanakan sejak tanggal dua kemarin hingga sore ini sudah 458 penerima," kata Kepala Kantor Pos Cabang Pembantu Ranai Usman di Ranai, Jumat.

Menurut dia, pekerja yang sudah menerima bantuan subsidi upah dari pemerintah tidak hanya berasal dari wilayah Kabupaten Natuna saja.

Baca juga:
Balai Latihan Kerja Natuna latih warga jahit pakaian

Pemkab Natuna latih warga terkait bisnis pariwisata


"Tadi juga kita salurkan kepada penerima yang berasal dari Kalimantan," kata dia.

Dia mengatakan bahwa penyaluran bantuan subsidi upah atau BSU berjalan baik dan ditargetkan selesai sebelum 15 November 2022.

"Penerima BSU di Natuna jumlah total keseluruhan 2.800 lebih dan khusus untuk Ranai berjumlah 2.000 lebih. Kami imbau (pekerja) untuk segera mendatangi Kantor Pos karena nanti tanggal 15 kami akan menyalurkan BLT BBM," katanya.

"BSU bisa dibayarkan di mana saja di Kantor Pos, asal telah terdata dan memiliki barcode melalui aplikasi Pospay," katanya.

Baca juga:
Perpustakaan Daerah Kabupaten Natuna buka kelas bahasa Inggris gratis

Kapolres Natuna pastikan akan pecat anggota terbukti terlibat narkoba


Ia menjelaskan bahwa pekerja calon penerima BSU bisa mengunduh aplikasi Pospay lalu memilih logo Kemenaker, mengunggah foto e-KTP, dan mengikuti petunjuk untuk memperoleh kode.

"Kami sarankan dapatkan dulu barcode baru datang ke Kantor Pos untuk mempermudah penyaluran dan (agar) tidak terjadi antrean," kata Usman.

Seorang pekerja Puskesmas Ranai yang telah menerima BSU mengatakan bahwa proses pengambilan bantuan tidak sulit dan tidak membutuhkan waktu lama.

"Sebentar aja kok. Tadi sebelumnya saya cek dulu data melalui aplikasi dan nanti kita dapat barcode. Tinggal dicek sama petugas, udah," kata Igusti Happi, pegawai honorer di Puskesmas Ranai seusai mengambil bantuan.

Pemerintah memberikan BSU kepada pekerja yang memenuhi syarat untuk menjaga daya beli pekerja pada masa harga barang naik akibat kenaikan harga bahan bakar minyak.

Bantuan subsidi upah Rp600.000 diberikan kepada pekerja dengan gaji maksimal Rp3,5 juta per bulan atau setara dengan upah minimum provinsi dan/atau kabupaten/kota yang dibulatkan ke atas hingga ratusan ribu penuh.

Bantuan tersebut hanya diberikan kepada pekerja warga negara Indonesia selain pegawai negeri sipil dan/atau anggota TNI dan Polri yang terdaftar sebagai peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan yang dijalankan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan setidaknya hingga Juli 2022.

Baca juga:
Pemkab Natuna manfaatkan Asrama Haji jadi mess mahasiswa

Pemkab usulkan RSUD Natuna naik status menjadi Tipe B

BMKG imbau nelayan Natuna waspada gelombang laut 3,5 meter

BMKG minta warga pesisir waspada gelombang tinggi, termasuk Natuna dan Anambas

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE