Gempa di Padang Sidempuan, BMKG sebut akibat aktivitas Sesar Sumatera

id Gempa bumi, Padang sidempuan,bmkg

Gempa di Padang Sidempuan, BMKG sebut akibat aktivitas Sesar Sumatera

Gempa bumi dengan magnitudo 4,9  di Padang Sidempuan, Sumatera Utara, pada Sabtu pukul  11.39 WIB disebabkan oleh aktivitas Sesar Sumatera pada Segmen Toru.  (ANTARA/HO)

Medan (ANTARA) - Gempa bumi dengan magnitudo 4,9 terjadi di Padang Sidempuan, Sumatera Utara, pada Sabtu pukul 11.39 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan peristiwa alam itu disebabkan oleh aktivitas Sesar Sumatera pada Segmen Toru.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas Sesar Sumatera pada Segmen Toru," kata Kepala BMKG Wilayah I Medan Hendro Nugroho, di Medan, Sabtu (15/4/2023).

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi itu memiliki magnitudo 4,9 dengan episenter terletak pada koordinat 1.17 LU dan 99.41 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 27 kilometer tenggara Padang Sidempuan pada kedalaman 5 kilometer.

Hingga kini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Gempa bumi itu tidak berpotensi tsunami.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Gempa Padang Sidempuan akibat aktivitas Sesar Sumatera

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE