Salatiga diguncang rentetan gempa sejak Sabtu

id gempa bumi,gempa salatiga,stasiun geofisika,bmkg banjarnegara

Salatiga diguncang rentetan gempa sejak Sabtu

Seismograf, alat pencatat getaran gempa bumi. ANTARA/Shutterstock/pri

Banjarnegara (ANTARA) - Kota Salatiga, Jawa Tengah, dan sekitarnya diguncang rentetan gempa yang terjadi sejak Sabtu (27/5). BMKG mengimbau warga agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah," kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Hery Susanto Wibowo di Banjarnegara, Jawa Tengah, Senin.

Ia mengatakan berdasarkan pengamatan yang dilakukan BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara sejak Sabtu (27/5) hingga Senin (29/5) dini hari tercatat sebanyak empat kejadian gempa yang dirasakan warga Salatiga dan sekitarnya dengan magnitudo berkisar 2,2 hingga 2,5.

Menurut dia, rentetan gempa tersebut diduga satu rangkaian dengan rentetan gempa yang terjadi pada tahun 2021.

"Yang terlihat dari persebaran episenternya itu berdekatan dengan kejadian pada bulan Oktober sampai November 2021 yang diduga dipicu oleh aktivitas sesar Merapi-Merbabu," kata dia.

Dalam hal ini, kata dia, di sekitar lokasi gempa tersebut ada tiga sesar aktif yang terdiri atas sesar Merapi-Merbabu, sesar Ungaran, dan sesar Rawapening.

Namun, tidak menutup kemungkinan ada perkembangan sesar-sesar baru yang belum teridentifikasi dan muncul di sekitar lokasi kejadian gempa.

Kendati demikian, dia mengakui butuh kajian lebih mendalam untuk menentukan gempa yang terjadi di Salatiga dan sekitarnya disebabkan oleh sesar-sesar tersebut.

Dengan rentetan gempa bermagnitudo kecil di Salatiga dan sekitarnya, kata dia, diharapkan dapat meredam kemungkinan gempa dengan magnitudo yang lebih besar karena energinya telah dirilis melalui gempa-gempa kecil.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG imbau warga Salatiga tetap tenang terhadap rentetan gempa

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE