BPOM awasi barang bawaan dari Malaysia dan Singapura ke Batam

id Pengawasan barang bawaan,Balai POM,Batam,Kepri,BPOM akan awasi barang bawaan dari negara tetangga,barang bawaan dari neg

BPOM awasi barang bawaan dari Malaysia dan Singapura ke Batam

Kepala Balai POM Batam Musthofa Anwari (ANTARA/Yude)

Batam (ANTARA) - Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Batam, Kepulauan Riau akan melakukan pengawasan terhadap barang tentengan atau bawaan penumpang dari negara tetangga Malaysia dan Singapura yang menggunakan transportasi laut.

Kepala Balai POM Batam Musthofa Anwari menyebutkan, di Batam, Kepulauan Riau pada Kamis (1/6) bahwa, pengawasan terhadap barang bawaan penumpang itu bertujuan untuk memastikan tidak  ada barang-barang ilegal masuk ke Indonesia melalui Kota Batam.

"Tujuan pengawasan barang tentengan itu agar kami bisa melihat jenis barang-barang yang tidak bisa masuk ke Indonesia. Jadi kalau nanti ada barang yang ilegal dan sebagainya, bisa kita antisipasi dari data tersebut," ujar Musthofa, Kamis.

Ia mengatakan, rencananya nanti pihaknya akan mengembangkan pengawasan ini melalui aplikasi, sehingga barang-barang yang dibawa itu bisa dilaporkan melalui aplikasi.

"Melalui aplikasi itu nantinya kami bisa melihat barang-barang apa saja yang dibawa, baik itu dari komoditi obat, makanan atau apa saja yang dibawa oleh pelaku perjalanan," ucapnya.

Pengawasan barang bawaan ini kata dia, BPOM akan bekerja sama dengan Bea Cukai Batam. Pihaknya fokus dengan barang-barang bawaan yang masuk ke Indonesia melalui jalur penyeberangan kapal.

"Ini masih dalam bentuk rancangan dan masih dalam proses. Hal ini kami lakukan karena di Batam ini ada banyak masuk barang tentengan dari negara tetangga, khususnya melalui jalur penyeberangan kapal," katanya.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE