Cerita calon haji lansia ingin pulang naik ojek dari Mekkah ke Talakar Sulsel

id Video calon haji, lansia, ingin pulang, naik ojek, dari Mekah, ke Takalar,haji lansia,ibadah haji, haji

Cerita calon haji lansia ingin pulang naik ojek dari Mekkah ke Talakar Sulsel

Calon haji asal Kabupaten Takalar Muh Arif Dg Rate (68) bersama petugas kloter yang videonya viral karena ingin pulang ke rumahnya naik ojek. ANTARA/HO-Kemenag Sulsel

Makassar (ANTARA) - Seorang calon haji berusia lanjut asal Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan Muh Arif Dg Rate (68) terekam video berniat kembali ke kampung halamannya dengan mengendarai moda transportasi ojek.

Dalam potongan video berdurasi 49 detik itu, Muh Arif Dg Rate sedang berjalan di sekitaran Kakbah sambil memegang tongkat dan berencana mencari moda transportasi ojek.

Ketua kloter 32 yang membawa rombongan calon haji Kabupaten Takalar, Ambo Tuo melalui keterangannya diterima di Makassar, Senin, mengatakan, Muh Arif Dg Rate mengalami gangguan demensia.

Baca juga: Calon haji asal Siak meninggal di Mekkah

"Calon haji kita itu atas nama Muh Arif Dg Rate mengalami kondisi demensia setelah diperiksa oleh tim kesehatan dan sekarang sudah ditangani dan berada di kamarnya " kata dia.

Ambo Tuo mengatakan meski mengalami demensia, namun kondisi fisik dari calon haji Muh Arif Dg Rate relatif kuat untuk berjalan.

Ia menjelaskan awal mula viralnya video itu terjadi setelah dirinya bersama rombongan kloter 32 melakukan umrah wajib sekitar Pukul 23.00 waktu setempat.

Baca juga: Akademisi hingga jurnalis bahas dampak perubahan iklim Kepri

Calon haji Arif Dg Rate melakukan umrah wajib bersama anak dan mantunya serta rombongan lain. Setelah putaran ketiga, kondisi fisiknya tidak memungkinkan melanjutkan tawaf hingga akhirnya diistirahatkan.

Setelah kegiatan tawaf umrah wajib dilaksanakan kemudian dilanjutkan sa'i di bukit Shafa dan Marwah, rombongan mencari Arif Dg Rate hingga pukul 06.00 waktu setempat.

"Kami tawaf umrah wajib itu mulai pukul 23.00 sampai pagi. Begitu selesai, saya menelepon ketua regunya Pak Jamaluddin dan itu beliau mencari hingga pukul 09.00 pagi. Ternyata setelah itu pulang, Arif Dg Rate sudah ditemukan oleh tim lainnya dan dibawa pulang ke hotel," kata dia.

 Baca juga:
373 jamaah calon haji Kalbar tiba di Asrama Haji Batam

JCH Embarkasi Batam tempuh jarak 4 km dari pemondokan ke Masjidilharam


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Video calon haji lansia ingin pulang naik ojek dari Mekah ke Takalar 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE