Pemkot: Pelatihan kewirausahaan meningkatkan kreativitas UMKM Batam

id kepri,batam,UMKM,pelatihan kewirausahaan,Kepulauan riau

Pemkot: Pelatihan kewirausahaan meningkatkan kreativitas UMKM Batam

Foto bersama Pemkot Batam menggelar pelatihan kewirausahaan untuk meningkatkan kreativitas pelaku UMKM Batam. (ANTARA/HO-Pemkot Batam)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau menjelaskan pelatihan kewirausahaan bermanfaat penting untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di daerah tersebut.

Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam Leni Nuriskawaty di Batam, Senin, mengatakan pelatihan kewirausahaan juga untuk menciptakan wirausaha muda yang andal dan berdaya saing.

"Melalui pelatihan ini diharapkan agar pelaku usaha dapat meningkatkan pengetahuan secara eksplisit dalam meningkatkan usaha. Bagaimana usaha mikro yang sudah dijalani sukses. Para pemateri akan memberikan strategi untuk branding (jenama) produk dan branding usaha," kata dia.

Ia menyebutkan pelatihan yang bertema "Menciptakan Wirausaha Muda Yang Handal Dan Berdaya Saing" itu, berlangsung selama dua hari dengan 50 peserta.

Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid mengharapkan melalui pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan masyarakat dalam berwirausaha, mengingat banyak pelaku usaha bergerak di bidang kuliner maupun fesyen.

Ia mendorong pelaku usaha menciptakan usaha yang kreatif, inovatif, serta memanfaatkan digitalisasi untuk pemasaran.

"Jangan pernah putus asa dan selalu gigih dalam menjalankan usaha. Ikuti perkembangan zaman dalam berwirausaha, salah satunya memanfaatkan dunia digitalisasi," kata dia.

Ia berpesan kepada masyarakat Kota Batam agar dapat mengambil manfaat dari pembangunan infrastruktur yang dilakukan Pemkot Batam

Selain untuk menciptakan akses bagi masyarakat Kota Batam, katanya, pembangunan juga untuk membuka akses bagi investor dan wisatawan mancanegara maupun wisatawan dalam negeri.

"Investor yang sudah menanamkan investasinya di Kota Batam tentu akan membuka lapangan pekerjaan di Kota Batam. Begitu juga wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik, mereka akan menikmati kuliner enak yang ada di Kota Batam. Nah, kedatangan orang ini yang diambil manfaatnya oleh masyarakat untuk menyediakan kuliner yang lezat," ujar dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE