4.301 truk bantuan tiba di Gaza sejak 21 Oktober

id truk bantuan,Jalur Gaza,Palestina,Israel

4.301 truk bantuan tiba di Gaza sejak 21 Oktober

Arsip foto - Sejumlah truk antre untuk mengangkut barang bantuan kemanusiaan yang akan diberikan untuk warga Palestina di kawasan Mesir, Senin (6/11/2023). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.)

Ramallah, Palestina (ANTARA) - Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina pada Senin (18/12) mengatakan 4.301 truk bantuan kemanusiaan  tiba di Jalur Gaza melalui perbatasan Rafah, Mesir selama 21 Oktober hingga 16 Desember 2023.

Melalui pernyataan Bulan Sabit Merah mengatakan truk-truk itu membawa air, makanan, pasokan medis dan bantuan lainnya.

Menurutnya, hanya 310 truk yang menjangkau Jalur Gaza utara termasuk Kota Gaza dan wilayah utara selama jeda kemanusiaan sepekan yang berakhir pada 1 Desember.

Jumlah tersebut, katanya, masih jauh untuk memenuhi kebutuhan kemanusiaan yang terus bertambah di tengah serangan Israel terhadap Jalur Gaza.

Pada 29 November Program Pangan Dunia PBB memperingatkan ancaman kelaparan di Jalur Gaza, menekankan bahwa pasokan yang ada tidak cukup mengatasi tingkat kelaparan di Gaza.

Pasca jeda kemanusiaan dengan Hamas berakhir, Israel terus menggempur Jalur Gaza.

Sementara itu, Menteri Keamanan Nasional sayap kanan Israel Itamar Ben-Gvir mengkritik pemerintah karena mengizinkan truk-truk pembawa bantuan kemanusiaan memasuki Jalur Gaza melalui penyeberangan perbatasan Kerem Shalom.

Menurut laporan surat kabar Maariv Israel, Ben-Gvir mengungkapkan kemarahannya atas perubahan kebijakan yang tiba-tiba tanpa diskusi di kabinet, dan menggambarkan keputusan tersebut sebagai tindakan yang tidak bertanggung jawab.

Dia mengatakan pengiriman bantuan melalui penyeberangan tidak boleh diizinkan kecuali semua warga Israel yang disandera kelompok Hamas Palestina, sudah kembali ke rumah.

Pihak berwenang Israel pada Jumat (15/12) mengumumkan pembukaan sementara perbatasan Kerem Shalom setelah menyetujui seruan AS untuk mengizinkan lebih banyak bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza.

“Kabinet hari ini menyetujui tindakan sementara untuk menurunkan (muatan) truk-truk di perbatasan Kerem Shalom di sisi Gaza, alih-alih mengembalikannya ke Rafah,” kata Kantor Perdana Menteri Israel dalam sebuah pernyataan.



Sumber: Anadolu

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 4.301 truk bantuan sudah tiba di Gaza sejak 21 Oktober

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE